Bagikan:

JAKARTA – Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi, mengaku grogi dalam mengejar podium di nomor speed putri Olimpiade Paris 2024.

Atlet berusia 24 tahun itu mencatat waktu terbaik ketiga di babak penyisihan eliminasi (elimination heat) dan mendapat tiket ke perempat final yang akan berlangsung pada Rabu, 7 Agustus 2024.

"Hasilnya, masih belum oke. Saya tidak terlalu memikirkan catatan waktu. Saya maunya podium. Lumayan sedikit grogi, belum lega. Sebelum podium, belum lega," kata dia.

Desak memulai perjalanan di Paris dari babak penyisihan (seeding heat) pada Senin, 5 Agustus 2024. Dia menyelesaikan babak itu dari lane A dengan catatan waktu 6,45 detik.

Sementara itu, di babak eliminasi Desak mempertajam catatan waktunya menjadi 6,38 detik saat menghadapi wakil Amerika Serikat, Piper Kelly, untuk lolos ke perempat final.

"Pelatih bilang harus lebih rileks lagi. Semuanya juga pasti deg-degan. Pokoknya fokus sama diri sendiri, tampilkan catatan waktu terbaik, tampilkan performa terbaik pas latihan itu," ujar Desak.

Pada babak perempat final, Desak akan berhadapan dengan Deng Lijuan. Atlet asal China ini menyelesaikan eliminasi di posisi keenam dengan catatan waktu 6,40 detik.

Tiket babak perempat final dari nomor speed putri tidak hanya dikantongi oleh Desak. Atlet panjat tebing Rajiah Sallsabillah juga mendapat tiket ke fase itu.

Rajiah Sallsabillah sempat terjatuh di eliminasi saat melawan Leslie Adriana Romero Perez (Spanyol). Namun, catatan waktu dia masih terbaik dibanding atlet lain di eliminasi.