Tahap Inti Roket SLS untuk Misi Artemis II Tiba di Fasilitas NASA

JAKARTA – Tahap inti Space Launch System (SLS) yang diangkut dari Fasilitas Perakitan Michoud NASA tiba Kennedy Space Center. Tahap roket ini sudah dimasukkan ke dalam gedung perakitan kendaraan.

Bagian roket SLS ini diangkut bersama tongkang Pegasus dari Fasilitas Michoud di New Orleans pada 16 Juli lalu. NASA memindahkan keduanya menggunakan kapal tugboat dan kapal penarik dengan menempuh jarak sekitar 900 mil.

Selama berada di ruang perakitan Kennedy, tahap inti akan digabungkan dengan komponen lainnya untuk membentuk pendorong roket. Setelah itu, tahap roket SLS ini akan dipasangkan ke bagian atas peluncur sebelum dihubungkan ke adaptor.

"Dalam beberapa bulan mendatang, tim akan mengintegrasikan tahap inti roket di atas peluncur bergerak dengan perangkat keras penerbangan Artemis II tambahan, termasuk pendorong roket padat kembar, adaptor tahap kendaraan peluncur, dan pesawat ruang angkasa Orion," kata NASA, dikutip dari situs resminya.

Setelah terpasang dengan pesawat antariksa Orion, NASA akan menggelar misi Artemis II yang direncanakan pada musim gugur tahun ini. Misi ini akan menerbangkan empat astronot ke orbit Bulan selama sepuluh hari.

Empat astronot yang terpilih untuk misi Artemis II adalah Astronot NASA Victor Glover, Christina Koch, dan Reid Wiseman, serta Astronot Badan Antariksa Kanada (CSA) Jeremy Hansen. Setelah mengelilingi Bulan, keempatnya akan kembali ke Bumi.

Artemis II merupakan misi uji coba penerbangan ke Bulan sebelum NASA mendaratkan manusia dan melakukan eksplorasi di satelit alami tersebut. Melalui misi ini, NASA akan memastikan bahwa pesawat Orion siap untuk didaratkan di Bulan.