Begini Cara Mengunduh Apple Maps di Perangkat Windows

JAKARTA – Apple Maps, aplikasi penunjuk arah buatan Apple, memang dirancang untuk iPhone, iPad, dan Mac. Namun, aplikasi ini tetap bisa digunakan di perangkat dengan sistem operasi (OS) Windows.

Kemampuan ini muncul setelah Apple merilis Apple Maps dalam versi web pada Juli lalu. Meski baru tersedia dalam versi beta publik, platform penunjuk arah ini bisa digunakan di perangkat non-Apple sebagai Aplikasi Web Progresif (PWA).

Meski tampilannya belum selengkap Apple Maps di iPhone dan Mac, platform ini menarik untuk dicoba. Berikut ini cara mengunduh Apple Maps sebagai aplikasi di perangkat Windows, dikutip dari How to Geek.

Unduh Apple Maps di Windows

Buka perangkat Windows yang ingin Anda gunakan, lalu buka Microsoft Edge dengan cara membuka menu Start dan mencari kata "Edge" di bilah pencarian. Setelah browser terbuka, masukan beta.maps.apple.com di kolom alamat.

Saat peta digital dari Maps muncul, klik ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas layar, ketuk menu Aplikasi, lalu pilih opsi Instal Situs Ini Sebagai Aplikasi. Sebelum aplikasi web terinstal, Anda harus masukan nama aplikasi terlebih dahulu.

Jika sudah masukan kata "Apple Maps", ketuk tombol Instal dan tunggu hingga aplikasi web terunduh. Setelah proses pengunduhan selesai, aplikasi web Apple Maps akan terbuka di jendela baru yang terpisah dari Microsoft Edge.

Ketika jendela Apple Maps terbuka, Microsoft Edge akan bertanya apakah Anda ingin menambahkan aplikasi web ini ke menu Start, Taskbar, dan desktop. Anda hanya perlu memberikan tanda centang di samping opsi yang Anda pilih, lalu klik Izinkan.