Google Messages Uji Coba Tanda Terima Baca Terbaru di Layanan RCS

JAKARTA – Setelah mendesain tanda terima baca pada awal tahun lalu di layanan Rich Communication Services (RCS), kini Google Messages kembali memperbarui tampilan dari tanda terima bacanya.

Saat ini, layanan RCS menggunakan empat status tanda terima, yaitu ikon timer atau pengatur waktu yang menunjukkan bahwa pesan sedang dikirim ke pengguna lain dan ikon ceklis satu yang menunjukkan bahwa pesan telah terkirim.

Selain itu, ada tanda ceklis dua yang menunjukkan bahwa pesan yang dikirim telah masuk ke perangkat penerima dan tanda centang dua berwarna yang menunjukkan bahwa penerima pesan telah membaca pesannya.

Keempat ikon ini masih digunakan dalam pengujian yang ditemukan 9to5google, hanya saja penempatan ikonnya mengalami perubahan. Sebelumnya, seluruh ikon status berada di bagian bawah dan diapit oleh waktu serta ikon kunci enkripsi.

Namun, dalam pengujian yang sedang Google lakukan, ikon ini berada di dalam gelembung pesan dan berada tepat di samping teks. Ikon ceklis dua berwarna juga mengalami perubahan, dari yang sebelumnya berwarna hijau menjadi biru.

Dengan adanya perubahan baru ini, layanan RCS di Google Messages hanya menampilkan keterangan waktu dan ikon kunci enkripsi di bawah gelembung pesan. Tanda terima baca akan muncul di pesan sebelumnya setelah Google Messages menerapkan perubahan ini.

Belum diketahui kapan tampilan status tanda terima baca ini akan dirilis dalam versi stabil ke seluruh pengguna. Perubahan ini juga baru dilihat oleh sebagian kecil pengguna yang memakai Google Messages untuk versi pengujian.