Naik Honda Beat, Anggota TNI Berseragam Takut Kena Razia di Jalur Busway, Putar Balik

JAKARTA - Aparat gabungan TNI dan Polri menggelar razia sterilisasi jalur Busway di Jalan Jatinegara Barat, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur pada Jumat, 2 Agustus, siang.

Razia yang digelar oleh aparat gabungan TNI dan Polri ini, juga menggandeng POM TNI untuk menindak oknum aparat.

Dari pantauan di lokasi razia, masih marak para pelanggar lalu lintas dari aparat keamanan yang melintas di jalur busway tersebut.

Beberapa oknum TNI yang mengendarai motor terlihat melintasi jalur Busway di Jalan Jatinegara Barat. Pengendara motor itu terekam jelas masih menggunakan seragam dinas TNI saat memasuki jalur busway.

Namun karena ada razia gabungan, pengendara motor berpakaian dinas TNI itu akhirnya terpaksa putar balik dan lawan arah di jalur busway yang dia lintasi.

Anggota TNI tertangkap kamera saat masuk jalaur busway/ Foto: IST

"Pengendara berpakaian tentara itu panik pas tahu ada razia gabungan di jalur busway. Mereka yang melanggar aturan lalu lintas dengan masuk jalur busway itu akhirnya putar arah dan melaju lawan arah di jalur busway," kata salah satu pengendara mobil yang tengah melintas di lokasi, Jumat, 2 Agustus.

Dalam razia ini, para pelanggar diberikan sanksi tilang bagi warga sipil. Sementara bagi aparat penegak hukum dan ASN lainnya yang melanggar lalu lintas juga mendapatkan sanksi hukuman disiplin.

Sementara menurut Solihin, warga setempat mengatakan, hasil razia gabungan tersebut banyak pengendara yang ditilang karena masuk jalur busway.

"Pengendara motor dan mobil masuk jalur busway. Iya, ada razia gabungan di jalur busway. Banyak yang tertangkap," katanya.

Perlu diketahui, razia gabungan terhadap aparat penegak hukum pelanggar lalu lintas di kawasan Jatinegara ini sering dilakukan sejak bulan Juni kemarin.

Sebelumnya diberitakan, petugas gabungan dari POM TNI dan Propam Polri menggelar razia terhadap kendaraan dinas yang kerap melintas di jalur busway Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Senin, 3 Juni.

Sebanyak 40 kendaraan pelanggar lalu lintas dikenakan sanksi tilang oleh petugas Korlantas Polda Metro Jaya dan petugas Polisi Militer (POM) TNI. Bahkan, tak jarang kendaraan dinas TNI dan Polri serta sipil diberikan surat tilang sebagai hukuman.

Razia ini digelar petugas gabungan dengan sasaran kendaraan berpelat dinas TNI dan Polri. Namun tak sedikit pengendara sepeda motor dari masyarakat sipil yang panik ketakutan dan kabur.

Dalam razia ini, petugas gabungan menemukan salah satu satu pengendara mobil yang mengaku sebagai anggota Polri. Namun, setelah diperiksa oleh petugas kepolisian, ternyata pengendara itu bukan anggota Polri.

Petugas pun langsung melucuti atribut-atribut Polri yang berada di dalam kendaraannya.

Kasat Penegakan Hukum dan Pengawalan Tata Tertib (Gakkumwal Tatib) Puspom TNI Letkol Cpm Yudho Ari Irawan mengatakan, hari ini pihaknya menggelar operasi penegakan ketertiban (opsgaktib) di jalur TransJakarta di Jalan Jatinegara Barat.

"Para pengendara baik dari TNI, Polri maupun sipil ditindak tegas," ujar Gakkumwal Tatib) Puspom TNI Letkol Cpm Yudho Ari Irawan kepada wartawan, Senin, 3 Juni.

Sterilisasi jalur TransJakarta ini rutin dilakukan dengan lokasi berpindah-pindah, demi terciptanya ketertiban lalu lintas.