Cara Bagikan Wi-Fi dari Chromebook ke Perangkat Android

JAKARTA – Hampir semua perangkat bisa membagikan koneksi dengan mudah, termasuk Chromebook. Perangkat dengan sistem ChromeOS ini bisa membagikan koneksi Wi-Fi tanpa menyebutkan kata sandi.

Fitur ini Google luncurkan agar Chromebook bisa lebih terhubung dengan ponsel Android yang digunakan sehari-hari. Jika Anda ingin membagikan koneksi Wi-Fi dari Chromebook ke ponsel Android, Anda bisa mengikuti cara berikut ini, dikutip dari Android Police.

Bagikan Wi-Fi melalui Phone Hub

Cara termurah untuk berbagi koneksi Wi-Fi dari Chromebook adalah dengan menggunakan Phone Hub karena fitur ini memang dirancang untuk menghubungkan ponsel dan Chromebook. Sebelum berbagai koneksi Wi-Fi, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Nyalakan Bluetooth di ponsel Android dan Chromebook.
  2. Klik tampilan waktu di sudut kanan bawah layar Chromebook.
  3. Klik ikon pengaturan berbentuk roda gigi di sudut kanan panel.
  4. Pilih menu Perangkat yang Terhubung di sidebar kiri.
  5. Ketuk tombol Siapkan di deretan menu Ponsel Android.
  6. Klik menu drop-down dan pilih perangkat yang digunakan.
  7. Klik tombol Hubungkan dan masukan kata sandi Google.
  8. Ketuk tombol Selesai hingga perangkat terhubung.

Setelah tahapan di atas selesai dilakukan, Anda bisa langsung membagikan koneksi Wi-Fi ke perangkat Android yang terhubung. Anda hanya perlu mengeklik tanda panah ke samping di sebelah kanan menu Ponsel Android.

Setelah itu, gulir layar ke bawah dan aktifkan tombol Sinkronisasi Wi-Fi di bagian paling bawah. Saat menu ini diaktifkan, perangkat Android Anda akan langsung terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama.