Mercedes-Benz Pangkas Produksi S-Class dan EQS, Ini Penyebabnya

JAKARTA - Pabrikan otomotif premium dari Jerman, Mercedes-Benz mengonfirmasi akan memangkas produksi dari model andalannya yakni S-Class dan EQS karena menurunnya permintaan atas dua sedan mewah tersebut.

Dilansir dari Carscoops, Kamis, 1 Agustus, perakitan dua model tersebut yang berlangsung di ‘Factory 56’ Sindelfingen, Jerman akan dikurangi jadwal operasionalnya dari dua shift kini menjadi satu shift pada Oktober mendatang.

“Kami terus mengoptimalkan jaringan produksi kami dan menggunakan fleksibilitas tinggi untuk bereaksi terhadap fluktuasi dan perubahan kondisi kerangka sehubungan dengan perkembangan geopolitik, mikro, dan makro ekonomi dan untuk tetap kompetitif,” kata Mercedes-Benz.

Dengan adanya pengurangan shift operasional pabrik, masih belum diketahui apakah Mercedes-Benz akan memberikan kompensasi kepada pekerja ketika ada perubahan jadwal.

Mercedes-Benz S-Class

Seperti yang dikatakan Mercedes dalam pernyataannya, fasilitas yang bertanggung jawab untuk membangun S-Class dan EQS bersifat fleksibel, dan sangat mungkin bagi perusahaan untuk kembali beralih ke sistem dua shift di masa mendatang.

Pada paruh pertama tahun 2024, penjualan S-Class alami penurunan hingga 22 persen atau dikirimkan ke pelanggan sebanyak 28.100 unit.

Selain itu, faktor lain mengapa penjualan S-Class tidak sebagus sebelumnya karena kemungkinan calon pembeli menunggu versi facelift pada tahun 2026 mendatang atau meluncur sekitar tahun depan dan akan menampilkan revisi gaya yang mencakup lampu depan berdesain baru, lengkap dengan lampu DRL LED berbentuk bintang.

Pada Juni lalu, S-Class versi facelift juga telah tertangkap kamera mata-mata melakukan pengujian dalam balutan stiker kamuflase di beberapa bagian.

Disebutkan juga pabrikan mewah ini akan melakukan pendekatan yang sama seperti EQS terbaru pada S-Class tersebut, yakni generasi sekarang akan bertahan lebih lama dengan sejumlah penyegaran yang terlihat lebih baru dari sebelumnya.

Langkah Mercedes-Benz memperpanjang usia sedan mewah generasi ketujuh ini juga dilakukan rivalnya, yakni Audi. Pabrikan berlogo empat cincin ini juga memperpanjang usia A8 generasi saat ini yang juga pesaing langsung dari S-Class.

Diperkirakan, Mercedes-Benz S-Class versi facelift akan diluncurkan pada akhir tahun ini atau tepat saat peluncuran model 2025.