Latihan Triatlon Hari Kedua di Sungai Seine Kembali Dibatalkan akibat Masih Tercemar Bakteri Tinja

JAKARTA - Latihan renan triatlon hari kedua, Senin, 29 Juli 2024, kembali dibatalkan karena kualitas air yang masih tercemar polusi bakteri tinja dan kecepatan arus Sungai Seine.

Padahal, kurang dari 24 jam lagi para atlet akan memulai perlombaan. Lima puluh lima atlet triatlon putra dijadwalkan berbaris pada pukul 8 pagi waktu setempat pada Selasa, 30 Juli 2024.

Mereka akan berbaris di ponton terapung sebelah Pont Alexandre III dan menyelam ke Sungai Seine.

Kemdudian, perlombaan triatlon perorangan putri dijadwalkan pada hari Rabu, 31 Juli 2024, juga pukul 8 pagi waktu Paris.

Meski demikian, Kepala Panitia Penyelenggara Paris 2024, Etienne Thobois, yakin acara tersebut akan berlangsung sesuai jadwal.

Penyelenggara mengandalkan hari yang cerah pada Senin untuk menurunkan permukaan air di sungai dan memperlambat arus.

"Kami yakin dapat menyelenggarakan acara tersebut pada hari Selasa. Debit sungai yang dibutuhkan sebesar satu meter kubik per detik telah terpenuhi dan kami tidak memiliki masalah," kata Thobois dalam konferensi pers seperti dilansir Reuters.

Keputusan akhir mengenai apakah perlombaan hari Selasa dilaksanakan atau tidak akan disiarkan pada pukul 4 pagi waktu setempat berdasarkan sampel sungai yang diambil 24 jam sebelumnya.

Atlet akan segera diberi tahu jika perlombaan dibatalkan. Penyelenggara telah menetapkan tanggal 2 Agustus 2024 sebagai hari pengganti untuk perlombaan perorangan.

Lalu, tanggal 6 Agustus 2024 menjadi hari pengganti untuk estafet campuran jika kualitas air tidak membaik tepat waktu.

Namun, beberapa peserta mulai meragukan kesanggupan panitia penyelenggara untuk memulai perlombaan tepat waktu.

"Mereka tampaknya masih sangat berharap untuk perlombaan putra pada Selasa dan putri pada hari Rabu," kata pelatih tim Bermuda, Dan Hugo.

"Jika diperlukan, salah satu atau keduanya akan dipindah ke hari Jumat," ujarnya lagi.

Olimpiade Paris 2024 telah mengubah beberapa jadwal. Salah satunya cabang olahraga skateboard putra ditunda hingga Senin lantara pada Sabtu, 27 Juli 2024, turun hujan lebat.

Sementara itu, Sungai Seine yang dapat digunakan untuk berenang merupakan warisan utama yang ingin ditinggalkan oleh penyelenggara Olimpiade bagi warga Paris.

Perlombaan triatlon di sana menjadi penanda pertama kali atlet bisa berkompetisi di Sungai Seine sejak terakhir kali dilakukan pada edisi 1900.

Perancis telah menginvestasikan sekitar 1,4 miliar US dolar dalam infrastruktur air limbah baru untuk mengurangi jumlah limbah yang mengalir ke Sungai Seine.

Pemerintah Kota Paris telah mengumumkan rencana untuk membuka tiga lokasi renang bagi publik pada Juni 2025 di sana.

Sesi latihan triatlon pada Minggu, 28 Juli 2024, juga dibatalkan setelah pengujian yang dilakukan menunjukkan kualitas air tidak memenuhi ambang batas yang disyaratkan.

Namun, sesi latihan lari dan bersepeda tetap tidak terpengaruh.

"Mengingat ramalan cuaca untuk 36 jam ke depan, Paris 2024 dan World Triathlon yakin bahwa kualitas air akan kembali di bawah batas sebelum dimulainya kompetisi triatlon pada 30 Juli 2024," kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan pada Senin, 29 Juli 2024.

Masalahnya, kualitas Sungai Seine tercemar bakteri yang tak main-main. Setelah pengujian air, ditemukan bakteri tinja atau feses yang dikenal sebagai E. Coli.

Hujan terus-menerus selama berhari-hari menyebabkan kadar bakteri tersebut sangat tinggi dan mengancam kesehatan para atlet.