Bagikan:

JAKARTA - Peringatan Kuning atau Yellow Alert diberlakukan untuk Olimpiade Paris 2024 pada Senin, 29 Juli 2024.

Alarm itu merupakan tanda bahwa suhu panas menyerang dalam beberapa hari ke depan. Pada Senin, suhu tertinggi hingga mencapa 35 derajat Celcius.

Seperti dilaporkan Le Monde, Badan Meteorologi Perancis telah mengeluarkan peringatan cuaca untuk Paris dan daerah sekitarnya dengan badai dan suhu tertinggi 35 derajat Celcius.

Sebelumnya, Paris dan sekitarnya dilanda hujan berhari-hari sehingga penyelenggaraan beberapa cabang dibatalkan. Skateboard salah satunya.

Selain itu, latihan triatlon di Sungai Seine sudah dibatalkan dua kali mengingat kualitas air buruk akibat hujan dan arus deras.

Yellow Alert merupakan level kedua dari empat level peringatan saat gelombang panas datang dari Perancis selatan.

Peringatan tersebut dikeluarkan khususnya karena kondisi sangat panas di seluruh Paris diperkirakan akan berlangsung sepanjang malam.

Bahkan, diperkirakan suhu tidak akan turun di bawah 22 derajat Celcius antara hari Selasa dan Rabu (30 dan 31 Juli 2024.

Beberapa bagian Perancis selatan berada dalam Peringatan Oranye, peringatan tertinggi ketiga, dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius di beberapa lokasi.

Peringatan Kuning berarti orang-orang harus memerhatikan dampak panas saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Cuaca panas yang menyengat akan sangat terasa oleh para atlet Olimpiade yang berlaga di luar ruangan pada sore hari di Paris dan daerah pinggiran sekitarnya.

Beberapa cabang olahraga yang melangsung pertandingan di outdoor ialah bola voli pantai di Menara Eiffel, kualifikasi gaya bebas BMX di Place de la Concorde, dan semifinal rugbi seven putri di Stade de France.

Sementara itu, menjelang Olimpiade Paris 2024, beberapa atlet telah mendesak agar jadwal pertandingan disesuaikan untuk memperhitungkan beban fisik akibat bertanding pada suhu tinggi dan risiko sengatan panas.