Kejayaan Park Hang Seo: Bangun Sepak Bola Vietnam dahulu, Panen Penghargaan Kemudian

JAKARTA - Kedatangan Park Hang Seo membawa warna baru bagi sepak bola Vietnam. Pria asal Korea Selatan (Korsel) itu bak penyihir. Ia mampu mengubah Vietnam yang jarang diunggulkan jadi tim kuat di Asia Tenggara dan Asia.

Satu demi satu prestasi diraihnya bersama timnas Vietnam. Kondisi itu membuat nama Park Hang Seo terkenal di seantero Vietnam. Pemerintah Vietnam pun menghargai jasanya dengan menganugerahkan Order of Labour tingkat dua. Ia juga dapat terbang gratis seumur hidup rute pulang pergi Korsel-Vietnam.

Hidup menjadi pelatih sepak bola penuh kerja keras. Park Hang Seo pernah merasakannya. Latar belakangnya sebagai pemain bola profesional jadi bekal penting. Sekalipun jadi pemain dan pelatih adalah dua hal yang berbeda.

Pria kelahiran Sancheong-gun, 1 Oktober 1957 itu pertama berkarier sebagai pelatih fisik Lucky Goldstar (kini: FC Seoul) pada 1989. Ia terus membangun dirinya sembari menimba ilmu. Ia pernah mendapat kesempatan membantu Guus Hiddink kala menukangi timnas Korsel pada Piala Dunia 2002.

Momentum Park Hang Seo dianugerahi Order of Labour tingkat dua oleh pemerintah Vietnam pada 2020. (vff.org.vn)

Bekal itu cukup berguna. Karier sebagai pelatih melejit di liga K League (Liga Korea). Ia pernah jadi pelatih Gyeongnam (2005-2007) hingga Changwon FC (2016/2017). Ia pun tak melewatkan kesempatan kala Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF kepincut ingin menggunakan jasanya pada 2017.

Park Hang Seo tak menganggap hal itu sebagai penurunan karier. Ia hanya ingin membuktikan bahwa ia mampu membawa timnas Vietnam sukses. Ia pun tak gentar kala melihat level sepak bola Vietnam yang tak terlalu mentereng.

Park Hang Seo mulai memetakan kekuatan Vietnam. Disiplin tinggi diterapkan. Kapasitasnya teruji ketika membawa Vietnam sebagai peringkat kedua penyelenggaraan Piala Asia U-23 pada 2018. Ia pun mampu menunjukkan taring Vietnam di hajatan Asian Games 2018.

Mereka tampil memukau hingga ke babak semifinal. Rakyat Vietnam pun bangga, walau timnas kesayangannya gagal dalam perebutan medali perunggu. Park Hang Seo tak henti-hentinya memukau rakyat Vietnam.

Ia justru membuktikan bahwa Vietnam bisa jadi raja sepak bola Asia Tenggara. Vietnam berhasil merebut juara Piala AFF 2018. Pencapaian manis diukir lagi kala timnas Vietnam meraih medali emas dalam hajatan SEA Games 2019.

“Aku tahu namanya karena pelatih asal Korea itu telah menjadi selebritas dengan prestasinya di Vietnam. Dia adalah kepala pelatih tim sepakbola nasional vietnam, yang telah mencapai hasil luar biasa dalam beberapa hajatan sepak bola Asia. Karenanya saya mengadakan wawancara terbuka kepada penduduk Vietnam, saya dapat menanyakan kepada para pewawancara mengenai praktik media mereka yang berhubungan dengan tim sepak bola nasional Vietnam.”

“Mereka selalu melakukan yang terbaik untuk menonton pertandingan timnas sambil menjaga informasi tentang tim dengan mengakses berbagai saluran informasi di seluruh perbatasan. Mereka, misalnya, mencari informasi di Facebook yang berhubungan dengan Vietnam, apalagi mereka juga lebih sering mengunjungi situs-situs berita Vietnam daripada sebelumnya,” terang Tae Sik Kim dalam buku Digital Peripheries (2020).

Penghargaan demi Penghargaan

Kegeniusan Park Hang Seo terkenal di seantero Vietnam. Ia dipuja-puji rakyat Vietnam. Pemerintah Vietnam pun tak ketinggalan. Pemerintah Vietnam mengistimewakannya dalam hajatan kenegaraan. Puncaknya, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc memberikannya penghargaan pada 27 Agustus 2020.

Park Hang Seo dianugerahi Order of Labour tingkat dua. Penghargaan itu diberikan kepada individu dengan prestasi luar biasa dalam bidang tenaga kerja, kreativitas, atau pembangunan nasional. Biasanya penghargaan itu diberikan kepada warga negara Vietnam.

Namun, Park Hang Seo menerobosnya. Ia jadi warga negara asing pertama yang menerima tanda kehormatan buruh. Ia tak mau jumawa. Ia menganggap pemberian penghargaan itu jadi ajian supaya dirinya bekerja lebih keras mengembangkan sepak bola Vietnam.

Park Hang Seo yang pernah menjadi pelatih timnas sepak bola Vietnam era 2017-2022. (ANTARA)

Rakyat Vietnam pun tak merisaukan kala kerja sama Park Hang Seo dan timnas Vietnam berakhir pada 2022. Park Hang Seo boleh pergi. Namun, jasanya akan tetap dikenang di seantero Vietnam. Maskapai Vietnam Air pun tak ingin ketinggalan mengapresiasi Park Hang Seo.

Mereka menghadiahkan Park Hang Seo tiket gratis naik pesawat kelas bisnis seumur hidup rute pulang pergi Korsel-Vietnam. Hadiah itu dianggap belum seberapa dibanding dengan kapasitas Park Hang Seo melatih Vietnam.

“Ini adalah tanda penghargaan yang ingin kami kirimkan kepada pelatih Park yang telah memimpin tim sepak bola nasional kami dengan dedikasi, kehormatan, dan kemenangan,” kata Vietnam Airlines sebagaimana dikutip laman The Korea Bizwire, 19 Januari 2023.