Inside Out 2 Jadi Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa, Geser Frozen II dan Barbie

JAKARTA - Inside Out 2 mengumpulkan 1,46 miliar dolar atau setara dengan Rp23,7 triliun dari box office global selama 6 pekan penayangannya. Pendapatan ini membuat Inside Out 2 menjadi film animasi terlaris sepanjang masa menggeser film Frozen II dan Barbie.

Film Frozen II sebagai film animasi dengan penghasilan tertinggi, yakni 1,45 miliar dolar. Dilansir dari Variety, Inside Out 2 juga berhasil menyalip Barbie dengan pendapatan 1,44 miliar dolar, sebagai film terlaris ke-13 sepanjang masa.

Dengan pencapaian tersebut, Inside Out 2 maka kokoh berada di puncak film terlaris di tahun 2024 ini. Film ini juga bergabung dalam billion-dollar club.

Beberapa faktor disebut memengaruhi keberhasilan yang dicapai oleh Inside Out 2. Salah satunya adalah keberhasilan film pertamanya yang tayang 2015 lalu, dengan pendapatan 858 juta dolar dan disalip oleh sekuelnya ini hanya dalam sepekan penayangan.

Faktor lainnya adalah film berhasil menarik empat demografis utama penonton. Mulai dari laki-laki dan perempuan, hingga mereka yang berusia di atas dan di bawah 25 tahun.

Selain itu, cerita yang diangkat di Inside Out 2 berhasil mendapat pujian dari kritikus film dan penonton. Berita positif tentang film ini terus berlanjut yang mendukung penjualan tiket setiap hari penayangannya.

Sementara itu, Inside Out 2 kembali bercerita petualangan ke dunia emosi sosok Riley, tetapi ia sudah tumbuh menjadi remaja usia 13 tahun. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, hadir pula emosi baru dalam dirinya.

Riley harus menghadapi Anxiety, sebuah emosi baru dengan oranye. Kehadiran Anxiety menambah drama dalam ruang kontrol emosinya, begitu juga dengan hadirnya Envy, Embarrassment, dan Nostalgia yang menambah energi kekacauan.