Kremlin Sebut Rusia Terbuka untuk Berunding Guna Mengakhiri Konflik dengan Ukraina, Asal...

JAKARTA - Kremlin pada Hari Kamis memberi sinyal, mereka terbuka untuk berunding dengan Ukraina mengakhiri konflik sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tetap berkuasa, meskipun secara terbuka meragukan legitimasinya untuk memerintah.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba saat berkunjung ke China pada Hari Rabu mengatakan, Kyiv siap untuk berunding dengan Rusia asalkan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dihormati sepenuhnya, meskipun ia mengatakan Ukraina belum melihat tanda-tanda itu.

Kremlin, sementara mengisyaratkan kesiapannya untuk berunding dengan ketentuannya sendiri, secara terbuka mempertanyakan mandat Zelensky untuk memerintah, dengan menunjukkan masa jabatan lima tahunnya berakhir pada Bulan Mei dan ia seharusnya mengadakan pemilihan umum.

Presiden Zelensky dan Barat mengatakan, perlu untuk menangguhkan aturan politik normal pada saat perang dan Kremlin, mengingat sistem politik Rusia yang dikontrol ketat, tidak dalam posisi untuk mengkritik.

Ketika ditanya pada Hari Kamis apakah Rusia akan siap untuk mengadakan pembicaraan dengan Ukraina saat Presiden Zelensky berkuasa, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan:

"Rusia pada umumnya terbuka untuk proses negosiasi. Namun, pertama-tama kita harus memahami seberapa siap pihak Ukraina untuk ini dan seberapa besar pihak Ukraina memiliki izin untuk ini dari para pengurusnya," katanya, melansir Reuters 25 Juli.

Moskow menggambarkan Presiden Zelensky sebagai boneka AS, karakterisasi yang ditolaknya.

"Karena sejauh ini Anda melihat pernyataan yang sangat berbeda dibuat, dan itu belum sepenuhnya jelas. Selain itu, selain masalah dengan legitimasi Zelensky, ada juga masalah dengan larangan hukum (Ukraina) untuk melakukan kontak dan negosiasi dengan pihak Rusia. Oleh karena itu, masih banyak yang harus diklarifikasi dan klarifikasi yang harus didengar," kata Peskov.

Ketika ditanya apakah Kremlin dapat mempertimbangkan negosiasi dengan Zelensky atau secara tegas mengesampingkan kemungkinan tersebut, Peskov berkata:

"Pertanyaannya tidak mudah. ​​Dari sudut pandang hukum, masalah ini (legitimasinya) ada dalam agenda, tetapi dari sudut pandang praktis, kami terbuka untuk mencapai tujuan kami melalui negosiasi. Oleh karena itu, berbagai opsi mungkin ada di sini."

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan siap menghentikan perang di Ukraina dengan gencatan senjata yang dinegosiasikan, tetapi kepala Kremlin siap untuk terus berjuang jika Kyiv dan Barat tidak menanggapi.

Presiden Putin pada Bulan Juni mengatakan Rusia akan mengakhiri perang di Ukraina, sesuatu yang disebutnya sebagai operasi militer khusus, hanya jika Kyiv setuju untuk membatalkan ambisi NATO-nya dan menyerahkan keseluruhan empat provinsi yang diklaim oleh Moskow, tuntutan yang dengan cepat ditolak Kyiv karena sama saja dengan menyerah.