Didorong PPP Maju Pilgub 2024, Cak Imin: Belum Ada Niat

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku belum berniat untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub).

Hal ini merupakan respons Cak Imin saat dirinya didorong Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono untuk maju di Pilkada 2024.

"Ya, namanya aspirasi terus berkembang, kan. Belum ada niat (maju pilgub), sih," kata Cak Imin usai acara Harlah ke-26 PKB di JCC, Selasa, 23 Juli malam.

Lagipula, Cak Imin mengaku belum ada tawaran dari pihak manapun untuk diusung menjadi cagub-cawagub meski dalam beberapa daerah PKB bisa mencalonkan jika berkenan.

"Kalau ada tawarannya, kalau saya mau, perahunya cukup. Tapi kan niatnya belum," tutur Cak Imin.

Sebelumnya, dalam sambutan di acara Harlah ke-26 PKB, Mardiono menilai Cak Imin merupakan pimpinan partai politik yang berhasil meningkatkan perolehan suara PKB.

"Sungguh luar biasa dan memang Cak Imin adalah tokoh yang fenomenal. Semua karir politiknya selalu berhasil, dan sudah melewati beberapa jabatan yang sudah pernah diemban oleh beliau," ungkap Mardiono.

Karier politik Cak Imin, dipandang Mardiono, juga sudah hampir lengkap. Mulai dari pengalamannya sebagai menteri, pimpinan DPR, pimpinan MPR, hingga calon wakil presiden.

Sehingga, Mardiono mendorong Cak Imin untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada 2024.

"Ada satu yang belum, yaitu nyalon gubernur. Siapa tahu, sukses untuk nyalon presiden kalau sudah melewati menjadi gubernur," urai Mardiono.

"Kita harapkan Cak Imin nanti turun entah ke mana. Apa DKI, Jawa Barat, Jawa Timur," lanjutnya.