Bocoran Google Pixel 9 Pro XL: Peningkatan RAM dan Konektivitas

JAKARTA – Google akan meluncurkan deretan ponsel Pixel terbarunya di acara Made by Google pada Agustus mendatang. Meski acaranya belum digelar, bocoran mengenai perangkat terbarunya terus beredar.

Bocoran terbaru, yang dilansir dari Android Police, menunjukkan bahwa unit Pixel 9 Pro XL akan menggunakan modem Exynos terbaru. Modem ini mendukung kapasitas RAM hingga 16GB, sedangkan kapasitas penyimpanannya mencapai 256GB.

Saat ini, ponsel Android yang beredar di pasar hanya menawarkan RAM hingga 12GB. Jika Pixel 9 Pro XL terbukti menawarkan RAM 16GB, ini akan menjadi kapasitas terbesar yang pernah ditawarkan Google.

Ponsel flagship buatan Google, yaitu Pixel 8 Pro dan Pixel Fold, hanya dilengkapi RAM 12GB. Meski seri Pro terbaru akan mendapatkan peningkatan RAM, Google akan tetap menggunakan RAM 12 GB di seri Pixel 9 yang lebih kecil.

Dengan penambahan RAM di Pixel 9 Pro XL, perangkat ini dapat menjalankan tugas Gemini secara lokal sehingga beberapa fitur di dalamnya bisa bekerja lebih baik. Selain itu, fitur Kecerdasan Buatan (AI) dari model bahasa besar (LLM) ini akan ditingkatkan.

Pixel 9 Pro XL akan menggunakan RAM LPDDR5. Temuan ini mungkin salah karena Pixel 8 Pro yang dirilis tahun lalu menggunakan RAM LPDDR5X yang diklaim lebih cepat dan lebih efisien. Tidak mungkin kinerja Pixel 9 Pro XL menurun dari generasi sebelumnya.

Temuan penting lainnya mengungkapkan bahwa Exynos 5400 di Pixel 9 Pro XL akan menggunakan modem 5G terbaru. Modem ini dibuat pada node EU 4 nanometer dan berbasis 3GPP Rilis 17 yang akan mendukung konektivitas satelit.