YouTube Umumkan Tiga Pembaruan untuk Menjaga Kesehatan Mental Penonton

JAKARTA - Demi memberikan platform yang aman untuk anak, serta mendukung kesehatan orang-orang dari segala usia, YouTube mengumumkan tiga pembaruan untuk memenuhi kebutuhan remaja saat menggunakan YouTube. 

Pertama, YouTube mengembangkan pengamanan tambahan untuk rekomendasi konten, guna membatasi rekomendasi berulang dari video yang terkait dengan kategori sensitif tertentu seperti perbandingan sosial dan agresi.

Selanjutnya, bekerja sama dengan para ahli dalam isu seperti bunuh diri, menyakiti diri sendiri, dan respons krisis, YouTube memperbarui Crisis Resource Panel, yang akan membantu penonton berhenti sejenak dan menjelajahi topik kesehatan, ketika mereka mencari topik sensitif ini di YouTube. 

Penonton akan terus melihat sumber daya untuk hotline krisis pihak ketiga secara mencolok, YouTube juga akan menyarankan dorongan untuk mengarahkan permintaan pencarian ke topik seperti "cintai diri" dan “latihan grounding”.

Terakhir, YouTube juga telah mendesain ulang pengingat Istirahat nya agar lebih terlihat secara visual di feed penonton di seluruh video panjang dan Shorts, serta muncul lebih sering di feed penonton. 

“Tujuan kami adalah membantu penonton, terutama remaja, menetapkan batasan untuk mengelola waktu online mereka dan beristirahat saat diperlukan,” kata perusahaan dikutip Senin, 22 Juli.