7 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut, Biar Tetap Pede

YOGYAKARTA - Para penikmat jengkol perlu tahu cara menghhilangkan bau jengkol di mulut. Sisa-sisa aroma jengkol biasanya akan tertinggal di mulut setelah Anda menyantapnya. Mulut bau jengkol pastinya cukup mengganggu kenyamanan, apalagi ketika bertemu dan bercakap dengan orang lain. 

Jengkol cukup digemari oleh banyak orang, meski aromanya terbilang menyengat. Makanan yang satu ini disukai karena rasanya yang nikmat. Namun ada banyak orang juga yang ragu buat memakan jengkol lantaran khawatir dengan bau mulut. Jengkol bisa menimbulkan bau mulut karena terdapat asam amino sistein yang mengandung belerang.

Memiliki bau mulut karena jengkol tentu saja biki kepercayaan diri menurun ketika akan bertemu orang lain. Belum lagi jika orang yang Anda temui tidak menyukai jengkol, pastinya akan terganggu. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau jengkol di mulut, berikut 7 caranya?

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Bagi Anda yang sering makan olahan jengkol, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang bisa Anda terapkan:

Memakai Obat Kumur

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bau jengkol yang tertinggal di mulut adalah dengan menggunakan obat kumur. Cairan antiseptik ini tidak hanya berfungsi untuk merawat gigi dan mulut secara harian, namun juga dapat menghilangkan aroma jengkol. Obat kumur juga bermanfaat dalam menghilangkan partikel makanan yang terselip di gigi. 

Untuk menghilangkan bau jengkol dan mendapatkan napas segar, Anda bisa menggunakan berbagai jenis obat kumur beraroma seperti mint, citrus, atau lemon. Pilihlah obat kumur yang bebas alkohol agar mulut tidak kering.

Sikat Gigi

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah dengan menyikat gigi. Setelah mengonsumsi makanan berbahan jengkol, sebaiknya segera menyikat gigi. 

Menyikat gigi dapat menghilangkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi sekaligus mengurangi bau jengkol. Untuk mendapatkan napas yang lebih segar, pilih pasta gigi yang mengandung daun mint atau sereh.

Membersihkan Lidah

Selain di sela-sela gigi, sisa jengkol juga dapat tertinggal di lidah. Jika dibiarkan, sisa makanan ini bisa menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, setelah makan jengkol sebaiknya segera membersihkan lidah. Anda dapat membersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah yang banyak tersedia di pasaran.

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Cara lain untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Tekstur keras dari buah dan sayuran dapat membantu membersihkan plak dan partikel makanan yang tersisa di mulut. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C juga bermanfaat dalam membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Minum Air Putih

Setelah makan jengkol, pastikan untuk minum air putih yang cukup. Minum air putih setelah makan membantu membersihkan sisa jengkol dan baunya dari mulut, sekaligus mendukung proses pencernaan makanan.

Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet tanpa gula juga bisa menjadi cara efektif untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Dengan mengunyah permen karet ini maka akan merangsang produksi air liur yang membantu membersihkan partikel makanan, termasuk sisa jengkol di mulut.

Membersihkan Gigi Palsu dan Kawat Gigi.  

Jika Anda menggunakan gigi palsu atau kawat gigi, pastikan menjaga kebersihannya setelah mengonsumsi jengkol. Partikel makanan yang menempel pada gigi palsu atau kawat gigi dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, bersihkan gigi palsu dan kawat gigi sesuai anjuran dokter.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang bisa Anda praktikkan. Lakukan metode di atas sehabis Anda mengonsumsi makanan yang berbahan jengkol. Baca juga 7 makanan yang efektif mengatasi bau mulut

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.