4 Cara Menghilangkan Lemak di Sup Daging, Terapkan Langkah-Langkah Ini

YOGYAKARTA - Sup merupakan salah satu hidangan berkuah yang disukai oleh banyak orang. Makanan ini digandrungi karena menawarkan kehangatan, rasa yang sedap, dan isian di dalamnya yang bervariasi. Sup paling nikmat disantap ketika suasana dingin atau malam hari untuk menghangatkan tubuh. 

Meski hidangan ini cukup digemari, namun sebagian orang masih mengkhawatirkan kandungan lemak di dalam sup. Orang-orang yang menjalani pola hidup sehat biasanya pikir-pikir ketika ingin mengonsumsi sup. Lemak berlebihan bisa mengurangi kualitas nutrisi dari isian sup dan mengemparuhi rasa serta tekstur sajiannya. 

Namun Anda tidak perlu bingung, sebab ada beberapa cara untuk menghilangkan lemak di sup. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi sup secara lebih sehat, pahami tips menghilangkan kandungan lemak di sup. 

Cara Menghilangkan Lemak di Sup

Sup daging ayam dan sapi menjadi salah satu jenis sup paling sering dikonsumsi. Walaupun memiliki kandungan yang bergizi, namun jika keliru dalam memasaknya maka sup bisa mengandung lemak berlebihan. Sup daging bisa menghasilkan kuah yang berlemak banyak. 

Adanya banyak lemak di kuahnya tentunya bikin sup kurang nikmat ketika disantap. Jika mendapati sup begini, jangan khawatir lagi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan lemak di sup agar tetap sehat dan nikmat ketika dikonsumsi:

Memasukkan Es Batu ke Dalam Sup

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lemak berlebih di sup adalah memakai es batu. Letakkan es batu dalam mangkuk untuk membuat sendok sup tetap dingin. Celupkan sendok sup ke dalam mangkuk es secara berkala agar tetap dingin dan siap digunakan.

Untuk melakukan metode ini, Anda harus memakai sendok logam. Biarkan sendok tersebut terendam dalam air yang dimasuki es selama beberapa menit. Jika sudah, kemudian sapukan sendok tersebut ke sup panas. 

Ketika sendok dalam keadaan dingin, lemak yang terkumpul di permukaan kuah akan mengental di senok. Anda tinggal menyendoki lemak berlebih yang ada di kuah supnya. Gerakkan sendok di permukaan kuah agar bisa mengeruk lemak sebanyak mungkin. 

Mendinginkan Kaldu Semalam

Tips lain untuk menghilangkan lemak di sup adalah dengan membiarkan kaldu di dalam kulkas semalaman. Lemak dalam kaldu akan naik ke permukaan dan mengeras, sehingga membuatnya mudah dipisahkan. Cara ini adalah metode yang paling sederhana dan efektif untuk menghilangkan lemak.

Mengurangi Lemak saat Kaldu Masih Panas

Gunakan sendok logam besar untuk mengangkat lemak yang mengapung di permukaan kaldu panas. Geser perlahan bagian bawah sendok sup di sepanjang permukaan kaldu. Lemak yang mengeras akan menempel pada sendok, sementara kaldu yang lezat tetap di bawah.

Secara berulang, bersihkan bagian bawah sendok sup dengan tisu atau kain untuk menghilangkan lemak yang menempel. Jika ingin mengulangi serokan sendok mengambi lemak, pastikan sendok selalu bersih supaya proses pemisahan lemak tetap efektif.

Mendinginkan Kaldu Terlebih Dulu

Cara menghilangkan lemak di sup juga dapat dilakukan dengan mendinginkan kaldu terlebih dulu. Tips ini bisa dibilang sebagai cara yang lebih mudah. Anda hanya perlu menyimpan kaldu yang sudah ditutup rapat di dalam kulkas selama 6-8 jam atau sampai lemak di permukaan membeku. Setelah itu, Anda bisa dengan mudah mengangkat lemak yang mengeras menggunakan sendok.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan lemak di sup yang bsa Anda coba sendiri. Apabila Anda membeli sup daging maka harus bersabar menunggu antrian. Jangan lupa periksa kuah sup Anda apakah ada lebih belebih. Baca juga tips memilih makanan berlemak yang baik

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.