Lima Fitur 'Alat Tulis' yang Akan Tersedia di Apple Intelligence

JAKARTA – Apple Intelligence, inovasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) buatan Apple, akan menghadirkan berbagai fitur cerdas. Beberapa fitur yang tersedia di Apple Intelligence akan menjadi alat tulis yang canggih.

Berbagai alat tulis ini akan ditambahkan ke dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequioa selama perangkatnya mendukung. Kemampuan alat tulis berbasis AI ini tidak terbatas untuk aplikasi Apple saja karena fiturnya juga bisa digunakan di aplikasi pihak ketiga.

Fitur alat tulis pertama yang akan diluncurkan adalah preset untuk gaya penulisan. Ada tiga preset yang akan ditawarkan, yaitu Ramah, Ringkas, dan Profesional. Seluruh preset ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menulis teks.

Meski Apple Intelligence menawarkan preset, pengguna bisa mengatur gaya penulisannya menggunakan ChatGPT atau chatbot Kecerdasan Buatan (AI) lainnya. Di kolom Jelaskan Perubahan Anda, pengguna bisa memasukkan perintah untuk mengubah hasil penulisannya.

Berikutnya, ada fitur penulisan teks dari awal dengan integrasi ChatGPT. Fitur ini tidak akan menulis ulang sesuatu yang sudah ada atau pernah dibuat oleh orang lain karena ChatGPT akan menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

Selain itu, ada juga fitur pemeriksa ejaan dan tata bahasa dari Apple Intelligence. Mirip dengan Grammarly, fitur ini akan menawarkan revisi pengejaan yang salah atau perubahan gaya bahasa menggunakan kemampuan AI.

Apple Intelligence juga bisa menganalisis teks yang dibuat penggunanya dan memberikan poin-poin penting dari teks tersebut. Kemampuan ini masuk ke dalam fitur Poin-poin Utama yang membantu pengguna untuk fokus dengan isi dari teksnya.

Ada juga tombol Ringkasan yang menyederhanakan atau menyimpulkan isi dari suatu teks. Kemungkinan besar, alat ini bekerja seperti Gemini buatan Google, yaitu meringkas tulisan orang lain di dalam email ataupun artikel.