Bagikan:

JAKARTA - Iterasi pertama dari Apple Intelligence kini tersedia untuk pengguna. Beta terbaru untuk iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1 telah membawa subset fitur AI dalam versi preview awal. Salah satu fitur tersebut hadir di browser Apple, Safari.

Fitur baru di Safari kali ini adalah Summarize, yang memanfaatkan teknologi Apple Intelligence untuk memberikan ringkasan halaman web.

Di mode Reader Safari, pengguna akan menemukan beberapa fitur baru tahun ini. Ada fitur daftar isi untuk halaman yang berisi judul dan subjudul. Reader adalah tempat di mana ringkasan halaman yang didukung oleh Apple Intelligence hadir.

Saat membuka tampilan Reader di iOS 18.1, akan ada tombol ‘Summarize’ baru di bagian atas yang diapit oleh logo Apple Intelligence.

Tekan tombol tersebut, dan animasi akan muncul untuk memindai konten halaman dengan cahaya ungu dari Apple Intelligence. Dalam pengujian, pemindaian ini hanya memakan waktu satu atau dua detik. Ringkasan disediakan dengan sangat cepat di setiap perangkat yang digunakan, termasuk iPad Pro M4, iPhone 15 Pro, dan bahkan MacBook Air M1 dari tahun 2020.

Setelah pemindaian selesai, ringkasan halaman akan segera tersedia. Di iPhone, Anda akan melihat ringkasan di bagian atas halaman, sementara di iPad dan Mac, ringkasan ditampilkan di sidebar.

Ringkasan Safari ini cukup cerdas dan membantu dalam penggunaan awal. Versi beta awal ini pasti akan meningkat seiring waktu, tetapi sudah sangat berguna.

Dengan menyematkan ringkasan ke dalam mode Reader Safari, Apple pada dasarnya membatasi seberapa banyak orang yang benar-benar akan menggunakannya. Ringkasan Safari tidak otomatis dan tidak tersedia di tampilan situs web normal. Anda harus membuka Reader sebelum mendapatkan opsi untuk ringkasan. Bahkan setelah itu, Anda harus meminta ringkasan secara manual setiap kali.

Di versi mendatang, mungkin akan menyenangkan jika ringkasan bisa dilihat di luar mode Reader. Akan sangat bagus memiliki tombol ringkasan khusus di toolbar Safari.

Fitur Apple Intelligence yang Mengejutkan

Ketika Apple pertama kali memperkenalkan Apple Intelligence pada bulan Juni, Safari tidak banyak dibahas. Fitur-fitur baru seperti ringkasan situs dijelaskan, tetapi tidak sebagai bagian dari cerita Apple Intelligence.

Sekarang setelah beta pertama keluar, tampaknya Apple Intelligence memang mendukung ringkasan Safari. Logo Apple Intelligence digunakan, dan antarmukanya bekerja sangat mirip dengan ringkasan yang tersedia dengan alat penulisan AI baru.

Belum jelas apa artinya bagi pengguna tanpa perangkat yang mendukung Apple Intelligence, atau jika hal ini akan berubah selama siklus beta. Menurut situs web iOS 18 Apple, ringkasan Safari akan tersedia untuk semua pengguna, tidak hanya mereka yang memiliki perangkat AI. Mungkin satu fitur Apple Intelligence, setidaknya, akan hadir di lebih banyak iPhone, iPad, dan Mac.