James Rodriguez Pecahkan Rekor di Copa America 2024

JAKARTA - Kolombia akan bermain di final Copa America 2024 bertemu Argentina pada 15 Juli 2024.

Anak asuh Nestor Lorenzo mengalahkan Uruguay 1-0 di semifinal. Perjalanan mereka sebelumnya juga mengesankan.

Kolombia menjadi juara Grup D tanpa menelan kekalahan, dua kemenangan dan satu seri. Satu-satunya hasil seri diraih saat berjumpa Brasil (1-1).

Kemudian, dua kemenangan diraih saat melawan Paraguay (2-1) dan Kosta Rika (3-0).

Pada perempat final, penampilan Los Cafeteros semakin menggila. Mereka melumat Panama dengan skor telak 5-0.

Menariknya, kapten James Rodriguez punya kontribusi besar dalam keberhasilan Kolombia meraih semua hasil apik tersebut. Bahkan, sumbangsih pemain 32 tahun itu membuat rekor tersendiri.

James melampaui rekor Lionel Messi di Copa America dalam hal penciptaan assist.

Kala menekuk Uruguay di semifinal, gol semata wayang kemenangan Kolombia yang dicetak Jefferson Lerma itu lahir berkat assist James.

Eks bintang Real Madrid itu mengambil sepak pojok yang langsung dikonversi Lerma menjadi gol dengan sundulannya.

Tambahan satu assist itu membuat James Rodriguez memecahkan rekor assist terbanyak dalam satu edisi Copa America sejak 2011 saat statistik mulai dihitung.

James Rodriguez total mengemas enam assist hingga semifinal. Enam assist itu dibuat di empat dari lima pertandingan yang dimainkan Kolombia sejauh ini.

Perinciannya, James Rodriguez langsung membuat dua assist di pertandingan pertama fase grup saat Kolombia menekuk Paraguay.

Dia menambahkan satu assist melawan Kosta Rika dalam kemenangan 3-0. Kemudian, James mengemas dua assist lagi dalam kemenangan 5-0 melawan Panama di perempat final.

Satu-satunya laga yang tidak ada assist James terjadi saat Kolombia melawan Brasil. Meski demikian, James tampil bagus dan hampir mencetak gol.

Rekor assist terbanyak dalam satu edisi Copa America sebelumnya dimiliki Lionel Messi dengan lima assist. Catatan itu diraih megabintang Argentina itu saat membawa Tim Tango juara Copa America 2021.

Sebelumnya, dengan catatan lima assist, James Rodriguez sudah menyamai rekor dalam 50 tahun terakhir Copa America.

Selain menyamai Messi, James juga menyerupai catatan yang diperoleh Alex Souza (Brasil) pada edisi 2004 dan Denilson (Brasil) pada edisi 1997.