Surati Pemimpin Hamas, Presiden Terpilih Iran Pezeshkian Pastikan Dukungan Negaranya untuk Palestina

JAKARTA - Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian meyakinkan warga Palestina dan kelompok perlawanan, pemerintahannya akan memberikan dukungan tak tergoyahkan dalam perjuangan melawan Israel.

Dalam suratnya kepada pemimpin kelompok militan Hamas, Pezeshkian berterima kasih atas ucapan selamat terkait keberhasilannya memenangkan Pemilu Iran.

Pezeshkian menegaskan kembali komitmen pemeritahannya yang akan menaati prinsip dan tujuan revolusi Islam, meyakinkan Haniyeh Iran akan terus mendukung bangsa Palestina dan perjuangannya melawan pendudukan rezim Zionis apartheid.

"Republik Islam akan terus menawarkan dukungan tak tergoyahkan bagi rakyat Palestina yang tertindas hingga hak-hak mereka dipulihkan sepenuhnya, tujuan mereka terpenuhi, dan al-Quds dibebaskan," kata Pezeshkian, melansir Tasnim News Agency 11 Juli.

Ia juga menyatakan keyakinannya, Palestina akan menjadi pemenang utama mengingat perlawanan bersejarah yang ditunjukkan oleh rakyat Palestina dan Gaza, serta upaya heroik yang dilakukan oleh para pejuang perlawanan dalam perang yang sedang berlangsung melawan rezim Israel.

Pezeshkian, seorang dokter yang beralih menjadi politisi, memenangkan pemilihan presiden putaran kedua Iran pada tanggal 5 Juli dengan memenangkan 53,66 persen suara.

Terpisah, otoritas kesehatan Gaza pada Hari Kamis mengonfirmasi, jumlah korban tewas warga Palestina sejak konflik di Gaza pecah sudah mencapai 38.345 orang jiwa dan korban luka-luka 88.295 orang, dengan mayoritas korban adalah wanita dan anak-anak, dikutip dari WAFA.