Bolehkah Air Tebu Diminum saat Hamil Muda? Temukan Jawabannya di Sini

YOGYAKARTA – Bolehkah air tebu diminum saat hamil muda? Pertanyaan ini cukup sering diajukan pada kehamilan trimester pertama.

Tak sedikit ibu hamil yang mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Mereka ingin mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi di periode awal kehamilan, salah satunya terkait keamanan konsumsi air tebu untuk ibu hamil.

Bolehkah Air Tebu Diminum saat Hamil Muda?

Sedianya, air tebu termasuk minuman yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil yang sehat. Minuman dengan rasa manis dan menyegarkan ini mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Dengan mengonsumsi air tebu, ibu hamil bisa mendapatkan asupan protein, vitamin A, C, beragam jenis vitamin B, antioksidan, hingga mineral seperti kalsium da magnesium.

Meski membawa banyak manfaat, air tebu sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dengan riwayat kencing manis, diabetes gestasional, atau memiliki kelebihan berat badan. Hal ini karena air tebu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

Dengan demikian, konsumsi air tebu untuk ibu hamil dengan diabetes perlu dibatasi gua mencegah bahaya dari gula darah yang tinggi.

Apa Manfaat Air Tebu untuk Ibu Hamil?

Di atas telah disinggung bahwa di dalam air tebu terdapat berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Dengan beragam nutrisi yang dimiliki, ibu hamil muda boleh mengonsumsi air tebu agar mendapatkan manfaatnya.

Adapun beberapa manfaat air tebu untuk ibu hamil, yakni:

1. Sumber energi

Air tebu termasuk minuman yang kadar gulanya tinggi, sehingga bisa menjadi booster energi bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan fosfor dalam air tebu juga dapat membantu mejaga tenaga selama kehamilan.

Kendati demikian, jangan menjadikan air tebu sebagai satu-satunya sumber energi selama kehamilan. Iu hamil memerlukan lebih banyak energi untuk beraktivitas, dan ini bisa didapatkan dari makanan sehat untuk ibu hamil.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat air tebu untuk ibu hamil yang berikutnya adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Efek ini berasal dari beragam mineral yang terdapat dalam air tebu. Konsumsi air tebu dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral selama kehamilan.

Selain mineral, kekebalan tubuh ibu hamil juga dapat terjaga berkat adanya kandungan antioksidan seperti flavonoid dan senyawa fenolik pada air tebu.

3. Mencegah penyakit kuning

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, air tebu juga dapat mengurangi risiko penyakit kuning.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Pharcognosy Review, air tebu mengandung senyawa bioaktif yang bisa mengontrol produksi bilirubin, zat sisa hasil penguraian sel darah merah di dalam hati.

Produksi bilirubin yang berlebih pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan penyakit kuning.

4. Mengatasi morning sickness

Pada ibu hamil muda, konsumsi segelas air tebu dengan jahe dapat mengatasi mual akibat morning sicknesss.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh United States Departement of Agriculture, air tebu juga dapat membantu memperlancar pencernaan selama kehamilan. Masalah pada sistem pencernaan ini termasuk hal yang sering dijumpai pada ibu hamil.

Demikian jawaban dari pertanyaan “bolehkah air tebu diminum saat hamil muda?”. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.