Samsung Akan Tambahkan Fitur Live Translate ke dalam WhatsApp

JAKARTA – Galaxy AI merupakan salah satu inovasi terbaik dari Samsung karena beberapa fitur di dalamnya. Diluncurkan berbarengan dengan seri Galaxy S24, teknologi ini membawa fitur seperti Live Translate.

Didukung dengan Kecerdasan Buatan (AI), Live Translate dapat menerjemahkan percakapan secara real-time. Fitur ini hanya berfungsi di aplikasi bawaan Samsung, tetapi perusahaan itu berencana memperluas fiturnya ke aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pertama yang akan terintegrasi dengan Live Translate adalah WhatsApp. Ditemukan pertama kali oleh akun Ice Universe di platform X, dikutip dari Android Police, platform perpesanan Meta itu bisa digunakan untuk berkomunikasi lintas bahasa.

Belum diketahui kapan fitur Live Translate akan ditambahkan ke dalam WhatsApp. Sepertinya, pengguna tidak akan menunggu terlalu lama karena Samsung akan memamerkan Galaxy AI yang ditingkatkan di Galaxy Unpacked pada 10 Juli.

Setelah ditambahkan ke WhatsApp, platform komunikasi lainnya seperti Google Meet, Telegram, Facebook Messenger, hingga Signal akan mendapatkan dukungan Live Translate juga. Namun, informasi ini masih harus dipastikan lagi.

Samsung terus meningkatkan keamanan di fitur Live Translate sejak pertama kali dirilis. Hal ini memang diperlukan karena Live Translate memproses semua data dan panggilan secara lokal sehingga privasi dan keamanan fiturnya harus diperkuat.

Ketika diperluas ke aplikasi pihak ketiga, Samsung harus memastikan bahwa fitur ini aman untuk digunakan. Perusahaan juga perlu meningkatkan fungsinya untuk memberikan hasil terjemahan secara optimal tanpa adanya kesalahan.