Kremlin Sebut Rusia Mendukung Gagasan Turki untuk Menciptakan Platform Guna Selesaikan Konflik Ukraina

JAKARTA - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Moskow setuju dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan, terkait perlu dibentuknya sebuah platform untuk menyelesaikan konflik Ukraina.

"Anda tahu, Presiden [Rusia] Putin adalah pendukung kuat upaya-upaya diplomatik yang bertujuan untuk menemukan solusi untuk konflik Ukraina. Kami tentu saja tidak pernah menolak pembicaraan," kata Peskov, melansir TASS 8 Juli.

"Sebaliknya, kami telah mendukung gagasan pembicaraan yang melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Saat ini, tidak ada platform seperti itu, dan kami dapat setuju dengan Menlu Fidan mengenai hal itu," lanjut juru bicara Kremlin.

Menlu Fidan ikut serta dalam pertemuan para menteri luar negeri BRICS+ di Kota Nizhny Novgorod, sebagai bagian dari kunjungannya ke Rusia pada bulan Juni.

Ia juga mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Rusia, Sergey Lavrov, dan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Sergey Shoigu. Menurut sumber-sumber, kedua belah pihak membahas penyelesaian Ukraina, serta situasi di Jalur Gaza dan Suriah.

Sementara saat berbicara dengan koleganya dari Polandia dan Rumania, Menlu Fidan mengatakan, penyelesaian konflik Ukriana melalui negosiasi diplomasi tidak boleh dikesampingkan.

"Kami menganjurkan agar negosiasi diberikan prioritas dalam semua konflik dan perang. Opsi diplomasi tidak boleh didorong ke latar belakang," kata Menlu Fidan.