Trik iPhone untuk Menghentikan Pesan yang Tidak Diinginkan

JAKARTA - Publik Amerika sedang tenggelam dalam pesan teks spam yang berpura-pura sebagai kenalan, menawarkan peluang pekerjaan, dan bahkan pejabat pemerintah.

Banyak pengguna iPhone yang mengungkapkan kekesalan mereka tentang pesan yang tidak diinginkan tersebut, dengan beberapa mengklaim telah menerima lebih dari 400 pesan bulan ini saja.

Padahal pengguna dapat membalas dengan 'Stop' untuk menghapus diri mereka dari daftar, karena Apple memiliki trik yang tidak banyak diketahui untuk mencegah pengirim yang tidak dikenal mengirim pesan langsung kepada mereka.

Pengguna dapat memfilter pesan tersebut ke folder lain, yang berarti mereka tidak akan mendapatkan notifikasi saat pesan tersebut tiba.

"Scammers mengirim pesan teks palsu untuk menipu Anda agar memberikan informasi pribadi Anda seperti kata sandi, nomor akun, atau nomor Jaminan Sosial," kata Komisi Perdagangan Federal.

Jika mereka mendapatkan informasi itu, mereka bisa mengakses email, bank, atau akun lainnya. Atau mereka bisa menjual informasi Anda ke scammer lain. Apple sudah memiliki sistem untuk mengatasi situasi seperti ini - dan sistem itu berada di Pengaturan.

Pengguna masuk ke Pengaturan, lalu memilih Pesan dan menggulir ke bawah ke Pemfilteran Pesan di mana Anda dapat mengaktifkan 'Filter Pengirim Tidak Dikenal.'

Setelah opsi tersebut diaktifkan, opsi 'Filter' akan muncul di iMessage di kiri atas di mana semua pesan teks yang tidak diinginkan akan dikirim - dan pengguna tidak akan menerima notifikasi saat pesan tersebut masuk.

Pilihan lain adalah memblokir pengirim pesan teks tersebut, tetapi individu atau bot bisa mengirim spam dari nomor yang berbeda.

Sementara banyak pesan spam mencoba menipu masyarakat Amerika untuk menyerahkan informasi atau uang mereka, ada banyak pesan politik yang mendesak mereka untuk memilih dan memilih pihak tertentu.

Banjir pesan kemungkinan disebabkan oleh Mahkamah Agung yang melonggarkan persyaratan pada tahun 2021 tentang mendapatkan izin untuk mengirim pesan teks massal, menurut lapor Axios.

Data menunjukkan bahwa pada tahun 2020, Konvensi Nasional Republik mengirim lebih dari 225 juta pesan teks untuk mendorong pemilih ke tempat pemungutan suara.

Untuk tahun ini, Partai Republik kembali memimpin di atas Partai Demokrat dalam hal mengirim pesan kampanye - kelompok politik ini telah mengirim pesan dua kali lebih banyak sejauh ini.

Pesan politik bukan satu-satunya yang mengganggu orang Amerika karena Komisi Komunikasi Federal (FCC) melaporkan bahwa panggilan robot ilegal dan palsu adalah keluhan konsumen terbesar.

Agen tersebut telah mendesak masyarakat untuk tidak merespons pengirim yang tidak dikenal dan menghubungi perusahaan telepon mereka untuk membantu memblokir panggilan tersebut.