Suara Kamera iPhone Mengganggu? Ini Tips untuk Menonaktifkannya
Anda dapat mematikan suara kamera iPhone (Foto: The Registi / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mematikan suara kamera di iPhone Anda adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda lakukan sekarang juga. Karena suara yang muncul cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Suara itu tidak benar-benar menambah sesuatu yang berharga, dan terdengar keras saat mengambil gambar di malam hari atau di tempat yang sepi. Ini mirip dengan suara tangkapan layar, yang tidak berguna.

Sayangnya, setiap kamera iPhone disertai dengan klik rana yang diputar setiap kali Anda mengambil foto. Terkadang suara itu merupakan gangguan yang tidak dibutuhkan dan tidak diinginkan.

Bahkan saat Anda sedang menghadiri rapat, memotret binatang, atau di ruangan yang ramai, Anda mungkin lebih suka memotret dalam keheningan. Untuk situasi tersebut, Anda dapat mematikan suara kamera iPhone di sebagian besar negara. Berikut cara melakukannya.

Cara Mematikan Suara Kamera dengan Live Photos

Salah satu cara termudah untuk mematikan suara kamera adalah dengan mengaktifkan Live Photos di aplikasi Kamera iPhone. Saat Live Photos diaktifkan, suara rana Anda akan dimatikan secara default.

1. Temukan ikon Live Photos. Di iOS 15, kontrol Live Photos adalah rangkaian lingkaran putih di kanan atas layar.

2. Ketuk untuk menyalakannya. Nantinya lencana Live kuning dapat terlihat langsung. Kemudian ketuk lagi untuk mematikannya. Lencana Live Off akan putih terlihat sesaat.

3. Ketuk panah Kuning di tengah atas untuk menyempurnakan kontrol Live Photos ke Auto, On atau Off.

4. Selanjutnya, Anda dapat memotret secara diam-diam dengan mengetuk tombol rana putih yang bundar. Pastikan, Anda tidak menyalahgunakan hal ini untuk mengambil gambar.

Cara Mematikan Suara Kamera dengan Tombol Volume

Berikutnya dengan cara menggunakan tombol volume, ini terdengar cukup mudah tetapi tetap membutuhkan trik yang harus Anda pahami. Pastikan pula, tombol volume Anda juga masih berfungsi dengan baik.

1. Gunakan tombol Volume. Tahan tombol volume perangkat keras di sisi kiri ponsel hingga Anda melihat indikator volume berbasis layar turun sepenuhnya. Tetapi Anda harus melakukannya pada waktu yang tepat, dan jika Anda melakukannya di aplikasi kamera iOS 14 atau 15, kamera akan mulai merekam video.

2. Pastikan untuk menurunkan volume sebelum mengambil foto. Trik sebenarnya adalah mengurangi volume sebelum Anda membuka aplikasi kamera.

3. Atau, saat Anda masih berada di aplikasi kamera, Anda dapat menggulir ke bawah dari sudut kanan atas (di iOS 14 atau 15) untuk mencapai Pusat Kontrol.

4. Setelah Anda di sini, Anda dapat menggunakan Slider untuk mematikan volume.

Aturan yang Berbeda di Setiap Negara

Perlu diingat, di beberapa negara terutama Jepang dan Korea Selatan, suara rana kamera akan tetap menyala sepanjang waktu.

Membisukam rana tidak diperbolehkan, dan telepon yang dibeli serta dijual di sana disesuaikan untuk pasar tersebut untuk menjamin privasi total, yang akan menghentikan perekaman atau pemotretan yang tidak diketahui atau tanpa izin.

Meskipun ini bukan undang-undang, produsen dan penyedia nirkabel Jepang telah sepakat untuk membuat ponsel yang mengeluarkan suara berbeda setiap kali Anda meluncurkan atau menggunakan kamera.

Jika Anda tinggal di atau mengunjungi negara tertentu ini, aplikasi kamera Anda akan mengeluarkan suara meskipun Anda mencoba membisukan kamera iPhone Anda. Demikian dikutip dari Digital Trends, Selasa, 19 April.