ICEYE Kembangkan Satelit Keamanan untuk Pemerintah Ukraina

JAKARTA – ICEYE, produsen mikrosatelit asal Finlandia, bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Ukraina untuk mengembangkan satelit penginderaan jarak jauh. Satelit ini dibutuhkan untuk pertahanan Ukraina.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka selalu mendukung upaya Pemerintah Ukraina dalam menjaga keamanan wilayah sejak tahun 2022. Oleh karena itu, mereka menandatangani nota kesepahaman baru-baru ini.

Melalui kerja sama ini, ICEYE akan menyediakan satelit yang mengambil citra dari wilayah Ukraina. Satelit ini akan memastikan keamanan Ukraina dari kondisi agresi bersenjata. Data dari satelit ini tidak akan dibagikan ke negara atau entitas lawan.

ICEYE menjelaskan bahwa mereka juga akan fokus mengembangkan teknologi penginderaan jarak jauh, penggunaan data untuk keamanan yang ditingkatkan, dan dukungan Ukraina terhadap ekonomi antariksa secara global.

Rafal Modrzewski, CEO dan salah satu pendiri ICEYE, mengatakan bahwa mereka menjaga data satelit yang mereka operasikan untuk Ukraina dengan sebaik mungkin. Mereka akan mencegah berbagai upaya penyalahgunaan layanan.

"Kami bangga dengan upaya kami untuk menyediakan data yang objektif dan dapat ditindaklanjuti serta dukungan teknologi bagi Ukraina. Penggunaan teknologi baru yang inovatif akan terus memberikan nilai tambah yang signifikan bagi Pemerintah Ukraina," kata Rafal.

Meski nama dan detail dari satelitnya dirahasiakan, ICEYE mengatakan bahwa satelit yang mereka kembangkan dan operasikan memberikan data dan resolusi observasi yang andal. Satelit ini mampu mengobservasi Bumi di berbagai cuaca luar angkasa.

Satelit pencitraan radar dari ICEYE mampu membentuk citra beresolusi tinggi pada siang hari, malam hari, atau saat wilayah Ukraina tertutupi awan. Satelit ini akan mengumpulkan data beberapa kali dalam sehari dan datanya akan digunakan untuk mengambil keputusan penting.