Produser Titanic dan Avatar, Jon Landau Meninggal Dunia

JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia perfilman. Produser hit yang mengerjakan franchise Avatar dan film Titanic, Jon Landau dinyatakan meninggal dunia karena sakit kanker pada Jumat, 5 Juli.

Landau merupakan produser yang menjadi partner sutradara James Cameron dalam menghasilkan empat film tersukses sepanjang masa. Ia lahir pada 30 Juli di New York tahun 1960 dan anak dari pasangan produser Ely dan Edie Landau.

Jon Landau mengawali kerjasama dengan Cameron ketika ia bekerja di 20th Century Fox. Ketika ia keluar dari perusahaan itu, James Cameron bertanya apakah ia tertarik membaca naskah filmnya yang terungkap adalah Titanic.

Film ini menjadi film pertama yang mendapat pencapaian 1 miliar dolar AS di bioskop. Landau juga mengantongi piala Oscar setelah Titanic memenangkan Film Terbaik.

Setelah itu, Jon Landau dan James Cameron bekerja sama membuat film seperti Avatar (2009), Avatar: The Way of Water (2022). Kedua film ini juga mendapat kesuksesan yang hampir menyelip film Titanic.

James Cameron membuat pernyataan resmi yang berisi tribut kepada teman baiknya. Diketahui mereka terakhir bertemu di Los Angeles Chinese Theatre untuk menghadiri upacara penandatangan cap tangan dan kaki untuk merayakan kesuksesan Avatar: The Way of Water.

“Keluarga Avatar berduka atas kepergian teman dan pemimpin kami, Jon Landau. Candanya, magnet pribadinya, dan semangat yang besar membuat dunia Avatar kami berjalan hingga dua dekade,” tulis James Cameron pada Minggu, 7 Juli.

“Legasinya bukan hanya film yang ia produksi tapi contoh pribadi yang ia bangun, gigih, peduli, inklusif, tak kenal lelah, berwawasan luas, dan benar-benar unik. Ia menghasilkan film-film hebat, bukan dengan kekuasaan tetapi dengan menyebarkan kehangatan dan kegembiraan dalam membuat film,” lanjutnya.

“Dia menginspirasi kami semua untuk menjadi dan memberikan yang terbaik, setiap hari. Saya telah kehilangan seorang sahabat, dan kolaborator terdekat saya selama 31 tahun. Sebagian dari diriku telah terkoyak,” tutup James Cameron.

Jon Landau dan James Cameron berencana untuk merancang lima film Avatar. Film ketiganya direncanakan tayang pada 19 Desember 2025 dan film kelimanya direncanakan tayang pada tahun 2031.

Jon Landau meninggal pada usia 63 tahun.