Apple Terima Pengajuan Epic Games Store di iPhone dan iPad

JAKARTA – Apple mengumumkan mereka telah menyetujui kehadiran toko aplikasi Epic Games di iPhone dan iPad untuk pengguna di Uni Eropa (UE).

Sebelum Apple memberikan izin, Epic bahwa Apple sengaja menghalangi peluncuran Epic Games Store. Mereka telah menyerahkan dokumen pengajuan sebanyak dua kali dan Apple terus menolak dokumen yang diserahkan.

Pengajuan Epic Games Store ditolak oleh Apple karena desain tombol dan label tertentu dari toko aplikasi tersebut mirip dengan App Store. Namun, menurut Epic, tombol itu bisa ditemukan di hampir seluruh toko aplikasi.

"Kami menggunakan konvensi penamaan 'Instal' dan 'Pembelian dalam aplikasi' yang sama yang digunakan di seluruh toko aplikasi populer di berbagai platform, dan mengikuti konvensi standar untuk tombol di aplikasi iOS," kata Epic, dikutip dari Reuters.

Epic merasa penolakan ini tidak bisa diterima. Menurutnya, Apple bertindak semuanya dan sengaja menghalangi upayanya. Epic juga mengeklaim bahwa Apple telah melanggar Undang-Undang Pasar Digital (DMA).

"Kami telah menyampaikan kekhawatiran kami kepada Komisi Eropa (terkait penolakan Epic Games Store)," tambahnya.

Epic belum memberikan respons mengenai pemberian izin dari Apple. Belum diketahui apakah masalah penolakan ini akan diperpanjang Komisi Eropa meskipun Apple telah memberikan persetujuan.