Tiongkok Parkir Kapal Monster di Laut China Selatan

JAKARTA - Penjaga Pantai Filipina (PCG) mengatakan kapal penjaga pantai terbesar Tiongkok telah berlabuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Manila di Laut China Selatan. Filipina menyebut kapal ini dimaksudkan untuk mengintimidasi negara tetangganya yang lebih kecil di Asia.

'Kapal monster' penjaga pantai Tiongkok sepanjang 165 meter memasuki ZEE Manila sepanjang 200 mil laut pada tanggal 2 Juli, kata juru bicara PCG Jay Tarriela pada forum berita.

PCG memperingatkan kapal Tiongkok bahwa kapal tersebut berada di ZEE Filipina dan menanyakan niat mereka.

“Ini merupakan intimidasi dari pihak Penjaga Pantai China,” kata Tarriela dilansir Reuters, Sabtu, 6 Juli.

“Kami tidak akan mundur dan kami tidak akan terintimidasi,” imbuhnya.

Kapal China, yang juga mengerahkan perahu kecil, berlabuh sekitar kurang dari 1 kilometerdari kapal PCG.

Pada Mei, PCG mengerahkan kapal ke perairan dangkal Sabina untuk mencegah reklamasi skala kecil yang dilakukan oleh Tiongkok, yang membantah klaim tersebut.

Tiongkok telah melakukan reklamasi lahan secara besar-besaran di beberapa pulau di Laut China Selatan, membangun angkatan udara dan fasilitas militer lainnya, sehingga menimbulkan kekhawatiran di Washington dan kawasan sekitarnya.

Tiongkok mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, jalur utama perdagangan kapal tahunan senilai 3 triliun dollar AS, sebagai wilayahnya.

Beijing menolak keputusan Pengadilan Arbitrase Permanen yang bermarkas di Den Haag pada tahun 2016 yang menyatakan klaim maritim mereka yang luas tidak memiliki dasar hukum.

Setelah dialog tingkat tinggi, Filipina dan Tiongkok pada hari Selasa sepakat mengenai perlunya “memulihkan kepercayaan” dan “membangun kembali kepercayaan” untuk mengelola sengketa maritim dengan lebih baik.

Filipina menolak tawaran dari Amerika Serikat, sekutu perjanjiannya, untuk membantu operasi di Laut China Selatan, meskipun ada perselisihan dengan Tiongkok mengenai rute misi pasokan pasokan ke pasukan Filipina di wilayah perairan dangkal yang diperebutkan.