Cara Menghilangkan Benjolan di Bawah Dagu, Jangan Disepelekan!

YOGYAKARTA - Munculnya benjolan di bawah dagu menandakan terjadinya pembengkakan elenjar getah bening. Masalah kesehatan ini harus diwaspadai dan perlu segera ditangani. Lantas bagaimana cara menghilangkan benjolan di bawah dagu ini?

Benjolan kelenjar getah bening akan terasa nyeri ketika disentuh. Meski beradal di dalam kulit, benjolan ini bisa digerakkan. Munculnya benjolan ini disebabkan karena kelenjar getah bening yang membesar dan mengalami peradangan. Kondisi ini bisa terjadi karena banyaknya sel imun yang diproduksi dan bereaksi memerangi zat berbahaya di tubuh. 

Penyakit kelenjar getah bening tidak hanya timbul di leher. Benjolan ini juga bisa muncul di area ketiak, leher, belakang telinga, belakang kepala, dan pangkal paha. Jika sedang mengalami masalah ini, Anda perlu tahu cara mengobati benjolan di bawah dagu karena kelenjar getah bening. 

Penyebab Benjolan di Bawah Dagu

Sebelum mengetahui cara mengatasi benjolan kelenjar getah bening, sebaiknya pahami dulu apa penyebab munculnya masalah kesehatan ini. Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyakit ini bisa terjadi karena banyaknya sel imun yang dihasilkan dan merespo zat berbahaya di dalam tubuh. 

Selain karena kondisi tersebut, kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Berikut ini sejumlah penyebab munculnya benjolan di bawah dagu akibat kelenjar getah bening:

Berlebihan Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Benjolan di bawah dagu akibat pembengkakan kelenjar getah bening dapat disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan tinggi gula. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat memicu reaksi peradangan. 

Dalam kondisi peradangan, tubuh lebih rentan terhadap infeksi virus atau bakteri. Oleh karena itu, hindari makanan tinggi gula untuk mencegah pembengkakan kelenjar getah bening agar tidak terjadi pada Anda.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Mengandung MSG

Meskipun MSG atau penyedap rasa tidak terlalu berbahaya, namun konsumsi yang berlebihan bisa meningkatkan risiko pembengkakan kelenjar getah bening. Begitupula ketika Anda setiap hari mengonsumsi makanan yang mengandung MSG. Maka dari itu, sebaiknya kurangi makanan yang dibuat dengan tambahan MSG. 

Mengonsumsi Makanan yang Kurang Bersih

Saat akan menikmati makanan, sebaiknya periksa kualitas dan kebersihan makanannya. Makanan yang kurang bersih dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening karena rawan mengandung jamur, bakteri, kuman, dan virus berbahaya. Adanya zat-zat berbahaya tersebut bisa menyebabkan komplikasi penyakit dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Benjolan di Bawah Dagu

Jika mendapati adanya benjolan atau tanda-tanda penyakit kelenjar getah bening, sebaiknya segera ditangani. Berikut ini beberapa cara menghilangkan benjolan di bawah dagu yang bisa Anda terapkan.

Kompres dengan Air Hangat

Salah satu langkah penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi benjolan di bawah dagu adalah dengan mengkompres pakai air hangat. Saat muncul benjolan di dagu akibat pembengkakan kelenjar getah bening, kompres area tersebut dengan air hangat. 

Kompres hangat ini dapat membantu mengurangi nyeri dan meredakan pembengkakan. Gunakan air dan kain bersih untuk mengompres dagu. Lakukan tindakan ini secara rutin hingga gejala benjolan di bawah dagu perlahan mengecil dan menghilang. 

Kompres dengan Air Dingin

Jika kompres hangat tidak meredakan pembengkakan, coba ganti dengan kompres dingin. Kompres air dingin juga efektif untuk meredakan pembengkakan. Gunakan es batu yang terbuat dari air matang, lalu kompres memakai kain lembut.

Miliki Waktu Tidur yang Cukup

Pembengkakan kelenjar getah bening mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga penting bagi penderitanya untuk menjaga kualitas tidur. Usahakan tidur selama 8 jam sebelum jam 10 malam. Anda juga dianjurkan untuk tidur siang selama satu jam guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berkumur dengan Air Garam

Cara lain yang bisa dipraktikkan untuk meredakan penyakit kelenjar getah bening adalah dengan berkumur pakai air garam. Lakukan berkumur selama 10–20 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

Hindari Pantangan Makanan

Hindari makanan tertentu untuk membantu penyembuhan penyakit kelenjar getah bening. Jangan konsumsi makanan tinggi MSG, lemak jenuh, dan gula. Hindari juga makanan yang terlalu pedas karena bisa mengiritasi dan memperburuk kondisi.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan benjolan di bawah dagu yang dapat Anda terapkan. Meski kondisi ini tidak disertai gejala yang menyakitkan, namun adanya benjolan ini perlu disegera diatasi biar tidak menimbulkan dampak lebih berbahaya. Baca juga kenali gejala benjolan di leher yang tidak berbahaya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.