Area 51, Tempat Misterius yang Identik dengan UFO

JAKARTA – Selama bertahun-tahun tahun, konspirasi di Area 51 terus berkembang. Banyak yang percaya bahwa tempat terisolasi ini digunakan untuk menyembunyikan objek terbang yang tidak teridentifikasi (UFO).

Terletak di Nevada, tepatnya di Groom Lake, Area 51 merupakan tempat rahasia milik Angkatan Udara AS. Kawasan ini didirikan sejak tahun 1955 sebagai bagian dari kompleks Nevada Test and Training dan pernah digunakan oleh Lockheed Martin.

Meski dianggap sebagai tempat penahanan UFO dan alien, Penulis dan Investigator Benjamin Radford mengatakan bahwa pangkalan ini tidak sebesar yang dibayangkan orang-orang. Wilayahnya memang luas, tetapi pangkalannya sengaja dibuat kecil.

"Pangkalan itu sendiri cukup kecil, tetapi area terlarang di sekitarnya lebih dari 90.000 hektar (36.000 hektar), sebagian untuk mencegah mata-mata yang mengintip dan sebagian karena mereka perlu menguji pesawat rahasia," kata Ranford, dikutip dari Space.

Kawasan ini memang dikenal sebagai Area 51, tetapi Ranford menjelaska bahwa pemerintah menyebut wilayah ini sebagai Nevada Test and Training Range. Wilayah ini juga telah diakui sejak tahun 2013 setelah dokumen rahasia Badan Intelijen Pusat (CIA) AS bocor.

Area 51 menjadi wilayah yang penuh dengan konspirasi UFO karena kegiatan di pangkalan ini sangat dirahasiakan. Namun, Ranford percaya bahwa kawasan ini hanya digunakan untuk pengujian pesawat mata-mata rahasia, bukan tempat penelitian UFO.

"Memang benar bahwa cahaya dan pesawat aneh terkadang dapat terlihat di area tersebut, jadi ini merupakan lompatan yang jelas ke UFO, tetapi tentu saja, pesawat baru (yang sedang diuji) mungkin terlihat identik," jelas Ranford.

Jika masyarakat menuntut bukti bahwa tempat ini tidak digunakan untuk penelitian UFO, hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Pasalnya, tempat ini digunakan untuk aktivitas militer yang sangat rahasia dan tidak boleh diungkapkan ke publik.

Ranford pun tidak percaya dengan orang-orang yang mengatakan bahwa mereka melihat alien atau UFO di kawasan tersebut. Menurutnya, "Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa ada sesuatu yang berhubungan dengan UFO."

Fakta Area 51

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Lockheed Martin pernah menggunakan kawasan ini. Dalam dokumen CIA yang bocor, Lockheed mengembangkan pesawat U-2 selama delapan bulan untuk tujuan yang dirahasiakan.

Pesawat ini bisa mencapai ketinggian 70.000 kaki, kemampuan yang sangat baik untuk perkembangan pesawat di tahun 1955. Sayangnya, 5 tahun setelah dikembangkan, pesawat ini justru ditembak oleh rudal anti-udara Uni Soviet hingga jatuh.

Tak lama setelah penembakan tersebut, CIA kembali mengembangkan pesawat berbadan titanium yang disebut A12. Pesawat ini bisa terbang melintasi benua Amerika Serikat dalam waktu 70 menit dan hampir tidak terdeteksi oleh radar.