Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi sedang bersiap untuk meluncurkan seri smartphone terbarunya, Xiaomi 15. Perangkat ini akan pertama kali diluncurkan di China, kemudian diikuti dengan peluncuran global. Smartphone ini akan menjadi salah satu perangkat pertama yang menggunakan chipset unggulan Snapdragon 8 Gen4.

Sebuah kebocoran terbaru kini mengklaim telah mengungkapkan detail lengkap tentang Xiaomi 15 yang merupakan varian dasar dalam seri ini. Perangkat ini dikatakan sebagai satu-satunya pesaing Galaxy S26 di China.

Hanya ada beberapa perangkat di pasaran yang menargetkan pengguna yang menyukai smartphone kompak. Xiaomi 15 akan menjadi salah satunya. Galaxy S26 juga merupakan flagship kompak yang ditawarkan oleh Samsung. Xiaomi 15 akan segera menghadirkan persaingan yang sangat ketat bagi Samsung.

Dimulai dengan spesifikasinya, sebuah postingan di platform microblogging China, Weibo, mengungkapkan bahwa Xiaomi 15 akan menggunakan layar CSOT C9 berukuran 6,36 inci dengan resolusi 1,5k piksel. Ini akan menjadi layar LTPO, yang berarti akan mendukung refresh rate variabel untuk menghemat baterai. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perangkat ini akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen4.

Kamera dan Fitur Lainnya

Xiaomi 15 akan dilengkapi dengan kamera utama wide 50 megapiksel dengan sensor 1/1.3 inci. Detail pasti tentang sensor ini belum terungkap, tetapi kemungkinan besar akan menggunakan sensor Omnivision. Selain itu, perangkat ini akan memiliki lensa ultrawide 50 megapiksel dan lensa telefoto floating 50 megapiksel dengan zoom 3.2X. Semua kamera ini akan dilengkapi dengan aperture besar, memberikan kualitas gambar yang luar biasa.

Perangkat ini dikabarkan memiliki baterai berkapasitas sekitar 4000mAh. Kapasitas baterai yang tepat belum diketahui. Xiaomi 15 juga akan mendukung Xiaomi HyperCharge dan pengisian daya nirkabel cepat. Perangkat ini akan menjalankan HyperOS 2.0 langsung dari kotak. Mengikuti tren, gadget ini akan membawa banyak fitur berbasis AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Secara keseluruhan, spesifikasi hardware Xiaomi 15 tampak mengesankan. Perangkat ini tidak akan mengecewakan pengguna yang menyukai smartphone kompak. Selain itu, Xiaomi 15 akan menjadi satu-satunya flagship kompak yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen4 dan akan bersaing dengan Galaxy S26.

Pendahulunya, Xiaomi 14, juga berhasil di pasar dengan menawarkan hardware yang kuat, kamera Leica, dan pengalaman perangkat lunak yang baik dengan harga yang kompetitif. Perangkat yang akan datang ini akan mengikuti warisan yang sama, dan persaingan antara Xiaomi dan Samsung akan menjadi sangat menarik kali in