Suzuki Hentikan Produksi Empat Model di Inggris demi Buka Ruang untuk EV

JAKARTA - Suzuki umumkan akan menghentikan produksi model seperti Ignis, Jimny, Swace, dan Swift Sport di Inggris dalam beberapa bulan mendatang. Langkah ini dilakukan demi memberi ruang untuk kendaraan listrik pertamanya (EV) yang akan segera diluncurkan.

Mengutip dari Autocar, Senin, 1 Juli, pabrikan berlogo ‘S’ ini mengaitkan keputusan tersebut dengan mandat Zero-Emission Vehicle (ZEV) yang telah ditetapkan di Inggris sekaligus memaksa mereka menjual EV dalam jumlah besar dalam beberapa tahun mendatang.

Ini dimulai dari setiap produsen otomotif menjual 22 persen pada tahun ini, kemudian meningkat 28 persen pada 2025, hingga 80 persen pada 2030 mendatang. Pabrikan akan menghadapi denda 15.000 poundsterling (Rp310,9 jutaan) untuk setiap mobil bermesin pembakaran (ICE) yang terjual melebihi proporsi yang diizinkan.

Director Suzuki UK Dale Wyatt, mengatakan bahwa dihentikannya produksi sejumlah modelnya dapat berpeluang mendorong penjualan mobil hybrid maupun EV di pasar Inggris.

“Kami keluar dari era ICE dengan fokus pada SUV dan Swift baru, lalu mulai paruh kedua tahun 2025, kami akan memulai periode pertumbuhan kendaraan listrik,” kata Wyatt.

Pihak pabrikan mengonfirmasi bahwa model seperti Swift Sport tidak akan kembali sebagai generasi terbaru. Mereka menambahkan bahwa beberapa model yang dihentikan akan hilang lebih cepat jika stok dari dealer telah habis.

Dengan demikian, Suzuki kini hanya menjual beberapa model bermesin bensin di Inggris, mulai dari Swift, Vitara, S-Cross, dan Across.

Saat ini, produsen otomotif yang didirikan oleh Michio Suzuki ini juga sedang mengembangkan kendaraan listrik pertamanya bernama eVX. Mobil berwujud SUV ini diklaim memiliki sejumlah hal yang tidak kalah menarik dibanding para rivalnya.

Dibangun di atas platform milik Toyota, yakni 27PL, SUV tersebut diperkirakan bakal hadir dengan dua varian baterai dengan 40 kWh dan 60 kWh. Dikabarkan bahwa kendaraan tersebut dapat berjalan hingga 550 km dalam sekali pengisian daya.

Menurut kabar yang beredar, Suzuki eVX juga didukung dengan sistem pengisian daya cepat dan fitur Vehicle-to-Load (V2L) dan ditawarkan dengan motor listrik tunggal dan ganda.

Mobil ini diungkap ke publik untuk pertama kalinya melalui gelaran Auto Expo 2023 di India dalam wujud konsep. Rencananya Suzuki eVX versi produksi akan dipasarkan di India mulai tahun 2025 mendatang.