Aplikasi Bananabin Akan Beri Peringatan Sampah yang Penuh Menggunakan Animasi Lalat

JAKARTA – Hampir semua orang sering mengabaikan sisa sampah yang masih tersimpan di dalam komputer mereka. Biasanya, sampah akan dibiarkan menumpuk hingga memori penyimpanan hampir penuh.

Sebenarnya, tak ada masalah membiarkan sampah menumpuk jika Anda ingat untuk menghapusnya sebelum ruang penyimpanan menipis. Untuk menghapus sampahnya tepat waktu, Anda bisa menggunakan aplikasi pengingat seperti Bananabin.

Aplikasi yang baru diluncurkan di Mac ini akan memberi peringatan saat folder Sampah melewati ambang batas penyimpanan. Bananabin akan memberikan peringatan menggunakan animasi lalat yang mengelilingi Sampah.

Lalat ini tidak hanya terbang, tetapi bisa berdengung dan diusir menggunakan mouse. Sayangnya, lalat ini hanya berfungsi untuk penyimpanan internal dan tidak akan muncul jika penyimpanan iCloud atau folder drive eksternal yang penuh.

Bananabin bisa mengatur ambang batas sampah melalui tiga opsi, yaitu Janitor Mode untuk 10MB, The Recycler untuk 1GB, dan Garbage Hoarder untuk 10GB. Setelah memilih salah satu opsi, lalat akan muncul sesuai dengan ambang batas yang dipilih.

Bananabin baru tersedia dalam versi beta sehingga ada beberapa bug yang masih harus diatasi, tetapi aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Untuk saat ini, Bananabin hanya bisa digunakan jika perangkat Anda menggunakan macOS Sonoma.

Pengembang Bananabin sedang berusaha memperluas versi aplikasinya ke sistem operasi (OS) yang lain. Mereka akan menambahkan dukungan aplikasi ke macOS Ventura dan akan mengenakan biaya kecil satu kali, tetapi belum jelas biaya untuk apa.