Cara Menemukan Cadangan WhatsApp di Google Drive

JAKARTA – Sebagai platform perpesanan, WhatsApp perlu dicadangkan secara berkala untuk menghindari pesan yang mungkin hilang sewaktu-waktu. Untuk mencadangkan WhatsApp, Google Drive sangat dibutuhkan.

Pengguna bisa menyimpan pesan, media, atau data seperti stiker saat mencadangkan platform tersebut. Jika aplikasi atau bahkan datanya terhapus secara tidak sengaja, pengguna bisa langsung memulihkan data yang telah disimpan.

Pencadangan bisa dilakukan di penyimpanan internal atau di Google Drive, tergantung dengan pilihan Anda. Jika Anda menyimpan data secara lokal, aplikasi WhatsApp biasanya akan menyimpan cadangan ke dalam menu Backup Chat.

Namun, jika pencadangan dilakukan di Google Drive, Anda mungkin bertanya-tanya di mana datanya tersimpan. Anda bisa menemukan cadangan dari aplikasi WhatsApp dengan melakukan cara berikut ini, dikutip dari Android Police.

Mencari Cadangan WhatsApp di Folder Backup

Seluruh data yang dicadangkan dari aplikasi WhatsApp akan tersimpan di dalam satu folder. Anda bisa melakukan berbagai tindakan, mulai dari menghapus hingga mematikan cadangannya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Buka situs web Google Drive.
  2. Klik menu Storage atau Penyimpanan di sidebar kiri.
  3. Pilih menu Backup atau Cadangan di pojok kanan atas.
  4. Cari file cadangan yang ada dan klik dua kali untuk melihat opsi yang ditampilkan.
  5. Klik tombol Matikan untuk menonaktifkan cadangan dari WhatsApp.
  6. Klik tombol Hapus Cadangan untuk menghapus datanya secara permanen.