Fungsi Circle to Search Terlihat di Google Lens

JAKARTA – Circle to Search dan Google Lens merupakan fitur berbeda yang dikembangkan oleh Google. Meski keduanya bisa mengidentifikasi objek, fungsi dari Circle to Search dan Google Lens berbeda.

Fungsi dari Circle to Search sederhana, yaitu mencari gambar terkait dari objek yang ditelusuri. Walaupun fungsi dari fitur ini tidak sebanyak Google Lens, Circle to Search sempat menarik perhatian karena ditonjolkan di peluncuran Samsung Galaxy S24.

Satu hal yang menarik dari Circle to Search adalah metode pencariannya yang sangat cepat. Kemampuan ini sepertinya akan diadopsi ke dalam Google Lens karena fitur terbaru yang ditemukan Android Authority.

Di aplikasi Google versi beta terbaru, pengguna bisa menahan tombol layar beranda cukup lama hingga pop-up Google Lens muncul. Saat menggunakan navigasi tiga tombol, kemampuan Circle to Search akan muncul.

Pengguna bisa melingkari gambar yang mereka inginkan dan hasil penelusuran gambar terkait akan muncul. Ini merupakan perubahan yang bagus karena mereka yang tidak menggunakan Galaxy S24 atau Pixel tetap bisa merasakan fungsi Circle to Search.

Namun, jika pembaruan ini resmi diluncurkan, tombol tekan lama untuk mengaktifkan Google Assistant atau Gemini akan menghilang. Pasalnya fungsi tersebut akan digantikan oleh fungsi Circle to Search di Google Lens.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum bisa diterapkan sepenuhnya. Ada kemungkinan fitur ini batal diluncurkan di masa mendatang untuk mempertahankan eksklusivitas dari Circle to Search di Pixel dan Samsung.