Pengertian dan Contoh Produk Bioteknologi Modern

YOGYAKARTA – Produk bioteknologi modern saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Bahkan, pemanfaatannya sudah dilakukan sejak lama. Terciptanya produk ini didapat dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan sains.

Pengertian Bioteknologi Modern

Menilik dari bahasa, bioteknologi berasal dari tiga kata latin yakni bios artinya kehidupan, techno artinya penerapan, dan logos artinya ilmu.

Bioteknologi modern secara umum bisa dipahami sebagai bidang ilmu yang mempelajari prinsip pemanfaatan organisme menjadi produk yang bermanfaat bagi manusia. Penemuan produk bioteknologi sudah terjadi selama ribuan tahun sehingga munculah bioteknologi modern.

Dalam penciptaan produk bioteknologi, ada banyak makhluk hidup yang dimanfaatkan seperti bakteri, virus, jamur, dan sebagainya. Produk ini biasanya berkaitan erat dengan dunia medis dan laboratorium.

Contoh Produk Bioteknologi Modern

Saat ini ada banyak contoh bioteknologi modern yang digunakan oleh manusia. Beberapa produk itu adalah sebagai berikut.

  1. Hewan Kloning

Kloning adalah sebuah teknik untuk menghasilkan keturunan tanpa proses pembuahan. Saat ini sudah banyak penelitian tentang hewan kloning. Salah satu hasil kloning pada hewan dalam dunia bioteknologi modern adalah domba Finn-Dorset betina. Hewan tersebut jadi mamalia pertama hasil kloningan.

  1. Vaksin

Vaksin adalah salah satu produk bioteknologi modern yang banyak dipakai di bidang kesehatan. Produk ini dipakai untuk mencegah penyakit yang menyerang manusia. Saat ini ada banyak vaksin yang berhasil diproduksi salah satunya vaksin COVID-19.

  1. Antibiotik

Produk bioteknologi yang banyak memberikan kontribusi di dunia kesehatan sampai sekarang adalah antibiotik. Produk ini ditemukan oleh Alexander Fleming yang menemukan antibiotik penicilin untuk mengobati infeksi pada manusia. Saat ini antibiotik dipakai untuk mencegah infeksi virus hingga bakteri.

  1. Kultur Jaringan

Kultur jaringan berguna untuk memperbanyak tumbuh-tumbuhan secara efektif dan cepat. Langkah ini dilakukan dengan mengambil sel tumbuhan lalu sel tersebut ditumbuhkan di media dengan zat yang lengkap menyerupai induknya. Hasilnya mengejutkan, sel tersebut mampu tumbuh menyerupai induknya.

  1. Rekombinasi DNA

Penyakit bisa disebabkan oleh gangguan hormon atau faktor keturunan lain. Untuk mengatasi hal tersebut rekombinasi DNA bisaa digunakan. Bahkan, manusia dapat memproduksi hormon tertentu untuk disuntikkan ke manusia salah satunya adalah insulin.

  1. Bayi Tabung

Bayi tabung yang pertama berhasil lahir bernama Elizabeth Jordan Carr. Bayi ini dibuat hasil dari proses pembuahan sel telur dan sperma namun di luar tubuh sang ibu. Pembuahan sendiri terjadi lewat media cairan. Setelah pembuahan berhasil, embrio kecil akan diletakkan ke dalam rahim ibu untuk dikandung hingga jadi bayi.

Sampai saat ini produk bioteknologi modern terus mengalami perkembangan dan terus dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.