Cara Mengatasi Gas Tidak Naik ke Kompor: Pastikan Tabung Masih Penuh hingga Ganti Selang

YOGYAKARTA – Kompor tabung gas saat ini jadi salah satu peralatan dapur yang populer dipakai. Meski cukup praktis dan murah, kendala pada kompor bisa saja terjadi. Salah satu masalah yang kerap dialami adalah gas yang jadi sumber pembakaran gagal naik ke kompor sehingga api tidak menyala. Tak perlu panik saat itu terjadi karena cara mengatasi gas tidak naik ke kompor sebenarnya sangat mudah.

Tabung LPG yang berisi gas dan kompor terhubung dengan sebuah selang karet. Gas bertekanan tinggi akan keluar lewat regulator, lalu masuk ke selang dan muncul di tungku kompor.

Cara Mengatasi Gas Tidak Naik ke Kompor

Saat gas tak bisa naik sampai kompor, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Cukup sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng dan tang. Berikut ini tata caranya.

  1. Pastikan Tabung Masih Berisi Gas

Saat menjumpai gas tidak berhasil naik ke tungku, segera cek apakah tabung masih berisi gas atau tidak. Anda bisa memastikan tekanan gas lewat jarum indikator yang ada di regulator. Jika jarum indikator bergerak saat regulator dipasang berarti masih ada gas di dalam tabung. Sebaliknya, jika tak ada pergerakan di jarum maka Anda bisa mengganti tabung gas yang baru.

  1. Pastikan Regulator Terpasang dengan Benar

Regulator membantu menghubungkan tabung gas elpiji dan kompor. Regulator terdiri dari beberapa komponen, salah satunya selang karet. Jika regulator tidak terpasang dengan sempurna maka gas tidak akan bisa naik ke tungku kompor.

  1. Bersihkan Tungku dari Kerak

Tabung gas bisa gagal keluar karena tersumbat kerak yang berasal dari minyak kering yang bercampur dengan debu atau sisa makanan yang tumpah. Biasanya kerak tersebut ada di area tungku. Agar gas bisa keluar, pastikan tungku bersih. Cara membersihkannya mudah, lepas tungku dan sikat dengan air dan sabun. Setelah dirasa bersih, jemur sebenar hingga airnya kering lalu pasang lagi.

  1. Pastikan Regulator Tidak Tersumbat

Potensi sumbatan di regulator juga bisa membuat gas tidak bisa naik ke kompor. Sumbatan di regulator bisa terjadi karena berbagai hal salah satunya kotoran. Cek lubang regulator yang biasa disambung ke pipa gas. Jika terdapat kotoran Anda bisa membersihkannya denga sikat.

  1. Regulator Rusak

 Kerusakan regulator sangat mungkin terjadi. Salah satu sebabnya adalah karat. Regulator yang berkarat tidak hanya membuat gas gagal naik namun berpotensi meledak sehingga membahayakan nyawa.

  1. Bocor di Selang

Kebocoran di bagian selang juga bisa membuat gas gagal naik. Kondisi ini bisa terjadi karena karet selang aus dan harus segera diganti. Kondisi ini cukup berbahaya, disarankan untuk mengganti selang gas dengan yang baru.

Disarankan pula untuk mengetahui cara menyimpan gas LPG yang aman agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Itulah beberapa cara mengatasi gas tidak naik ke kompor. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.