Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda menjumpai tabung gas bocor sebelum dipasang? Kondisi tersebut bisa terjadi karena berbagai hal. Saat Anda menjumpai keadaan semacam itu, ketahui ciri dan cara penanganannya agar tak membahayakan keselamatan. Selain itu disarankan untuk waspada bahaya gas elpiji agar tetap selamat.

Mengapa Tabung Gas Bocor Sebelum Dipasang?

Bocornya tabung gas lpg sebelum dipasang harus dilihat dari berbagai kondisi. Misalnya, apakah kebocoran terjadi saat regulator gas sudah dimasukkan ke tabung atau belum. Atau apakah ada benda keras yang mengganjal di area lubang gas atau tidak.

Kebocoran juga bisa terjadi jika pipa yang ada di tabung gas tidak dalam kondisi yang baik seperti tidak tersegel, karatan, atau karena hal lain seperti jatuh atau tertindih benda lain. Kondisi semacam itu perlu diwaspadai agar tidak membahayakan keselamatan.

Ciri Tabung Gas Bocor

Saat tabung gas melon bocor sebenarnya bisa diketahui secara mudah. Berikuit ini ciri-ciri yang bisa diketahui secara langsung.

  1. Muncul Bau Gas

Salah satu indikasi kebocoran tabung adalah munculnya bau gas. Bau gas sendiri cukup menyengat sehingga mudah dikenali. Namun perlu diketahui bahwa kemunculan bau gas ini tidak melulu mengindikasi kebocoran karena gas bisa keluar dari regulator yang sudah terpasang namun tidak terpantik api.

  1. Munculnya Suara Desisan

Kebocoran juga bisa diidentifikasi dari munculnya suara desisan. Suara ini bisa muncul dari pipa tabung gas. Volume desisan sendiri bisa pelan atau cukup keras untuk didengar. Saat terdengar suara ini segera copot regulator, segera buka jendela dan pintu agar sirkulasi udara makin lancar, lalu segera bawa tabung gas ke luar ruangan.

  1. Muncul Gelembung saat Tabung Direndam Air

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah tabung mengalami kebocoran atau tidak adalah dengan merendam tabung ke air. Metode ini cukup akurat untuk mencari sumber kebocoran pada gas. Jika muncul gelembung air berarti gas mengalami kebocoran.

Cara Mengatasi Tabung Gas Bocor

Tabung gas elpiji bocor bisa diselesaikan dengan berbagai cara, tergantung pemicunya. Yang jelas, saat terjadi kebocoran gas usahakan untuk tidak panik. Tetap tenang lalu buka semua jendela hingga pintu agar sirkulasi udara lebih lancar. Setelah itu copot regulator kemudian bawa tabung gas ke lapangan atau ruangan terbuka. Berikut ini cara memperbaiki tabung gas bocor.

  1. Periksa Semua Sambungan dan Pastikan Semua Tertutup Rapat

Regulator gas harus disambung dari gas ke kompor. Biasanya sambungan ini terpasang kurang rapat atau bisa melonggar karena penurunan kualitas karetnya. Saat muncul indikasi adanya kebocoran, cobalah untuk lepas regulator lalu cek sambungannya.

  1. Ganti dan Gunakan Regulator Ber-SNI

Usahakan untuk menggunakan regulator sesuai standar SNI. Pasalnya kualitas di bawah SNI justru akan membahayakan penggunaan kompor gas. Jika regulator terlihat sudah usang segera lakukan penggantian.

  1. Ganti Rubber Seal

Rubber seal di tabung gas berfungsi sebagai perapat antara regulator dengan pipa gas sehingga gas tidak bocor. Rubber seal ini warnanya merah atau oranye berbentuk seperti cincin. Anda bisa membelinya di toko kelontong atau online shop.

  1. Pakai Pengunci Tambahan

Disarankan menggunakan pengunci tambahan pada tabung gas agar tidak terjadi kebocoran saat regulator dipasang.

Itulah informasi terkait tabung gas bocor sebelum dipasang. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.