Google Vids Kini Bisa Diuji di Workspace Labs

JAKARTA – Google Vids, alat pembuat video berbasis Kecerdasan Buatan (AI) untuk pekerjaan, sudah diperkenalkan di acara Cloud Next 2024 pada April lalu. Kini, aplikasi tersebut telah ditambahkan ke Workspace Labs.

Dengan ditambahkannya Google Vids, pengguna yang terdaftar di Workspace Labs sudah bisa menguji aplikasi tersebut. Aplikasi ini terintegrasi dengan Docs, Sheets, dan Slides untuk menunjang berbagai kebutuhan kerja seperti membuat rekapitulasi tim.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya perlu memasukkan perintah yang menjelaskan ide dari videonya, seperti tujuan videonya dibuat, sasaran audiensnya, hingga durasi yang dibutuhkan. Setelah itu, Google Vids akan membuat storyboard.

Storyboard ini masih bisa diatur dengan menyusun atau menghapus ulang bagian-bagian tertentu. Pengguna juga bisa menambahkan poin mereka sendiri dan kemampuan untuk memilih gaya serta menambahkan dokumen apa pun dari Google Drive.

Dilansir dari 9to5google, video yang dibuat nantinya akan menggunakan stok video, gambar, dan musik latar belakang. Pengguna dapat melihat timeline, user interface (UI) editor video, dan menambahkan voice over dari suara sendiri atau suara buatan.

Perlu diingat bahwa Google Vids dirancang untuk para pekerja, bukan untuk keperluan pendidikan. Google akan menawarkan versi pendidikan untuk guru dan mungkin siswa yang bebas dari AI generatif di masa depan.

Meski Google Vids sudah diluncurkan, aplikasi ini baru bisa digunakan oleh beberapa akun Google Pribadi. Dalam beberapa waktu mendatang, Google berencana menghadirkan Google Vids di Gemini for Workspace.