YouTube Premium Luncurkan Fitur Jump Ahead dan Picture-in-Picture

JAKARTA – YouTube meluncurkan dua fitur baru bagi para pengguna yang berlangganan paket Premium. Dua fitur yang ditambahkan adalah Jump Ahead untuk video panjang dan Picture-in-Picture untuk Shorts.

Jump Ahead, fitur yang diuji pada Mei lalu, dapat membantu pengguna dalam melewati bagian yang tidak diinginkan. Dengan adanya fitur ini, mereka tidak perlu mengetuk layar berulang kali atau menggeser waktu secara manual untuk beralih ke bagian penting.

Saat mengetuk layar dua kali, pengguna akan melihat tombol Jump Ahead di bagian sudut kanan bawah layar. Saat diklik, fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) ini akan melewati bagian yang sering dilewatkan oleh pengguna lainnya.

Jump Ahead baru tersedia untuk seluruh pengguna YouTube di AS yang memakai ponsel Android. Dalam waktu dekat, fitur ini akan diperluas ke iOS. Belum ada informasi terkait kapan fitur ini akan diperluas ke lebih banyak negara.

Sementara itu, fitur Picture-in-Picture akan membantu pengguna dalam menonton video Shorts favorit sambil tetap menjelajahi aplikasi atau ruang obrolan di platform perpesanan. Kemampuan ini sudah ada di versi video panjang, tetapi baru ditambahkan ke Shorts.

Untuk menggunakan fiturnya, pengguna hanya perlu membuka tab Shorts, lalu keluar dari aplikasinya. Video akan terus berputar saat pengguna beralih aplikasi. Jendela yang muncul akan menampilkan kontrol putar, jeda, atau beralih video saat diklik.

Sama seperti fitur Jump Ahead, fitur Picture-in-Picture baru tersedia untuk para pelanggan Premium di Android. Google masih menyiapkan dua kemampuan ini di iOS sehingga butuh beberapa waktu lagi hingga fiturnya siap diluncurkan.