Copa America 2024: Panama Buka Asa usai Tekuk Amerika Serikat 2-1

JAKARTA - Partai kedua Grup C antara Panama vs Amerika Serikat berlangsung panas di Stadion Mercedes-Benz pada Jumat, 28 Juni 2024. Dua kartu merah dan tiga gol mewarnai laga ini.

Tuan rumah awalnya diprediksi bakal menang mudah dan mengamankan tiga poin kedua untuk tiket ke fase gugur lebih cepat.

Nyatanya, di luar dugaan Panama mampu tampil sangat mendominasi. Tengok saja penguasaan bola dengan perbedaan mencolok.

Panama mengemas 74 persen penguasaan bola dengan empat tembakan tepat sasaran dari 13 percobaan, sedangkan The Yanks cuma mampu mengancam tiga kali dari enam upaya.

Dominasi itu jelas karena Amerika Serikat harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-18. Timothy Weah diganjar kartu merah langsung.

Amerika Serikat sejatinya mencetak gol cepat pada menit kedelapan, tapi wasit menganulir setelah peninjauan VAR.

Meski kalah jumlah pemain, tuan rumah masih bisa memberikan perlawanan. Mereka bahkan mencetak gol lebih dulu pada menit ke-22 alias empat menit setelah bermain dengan 10 orang.

Folarin Balogun membuka angka usai memanfaatkan assist Antonee Robinson.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama. Panama yang mulai mendominasi menyamakan kedudukan lewat Cesar Blackman.

Skor 1-1 pun bertahan hingga jeda meski Panama menggempur pertahanan Amerika Serikat di sisa waktu.

Pada paruh kedua, Panama kembali menguasai jalannya laga. Amerika Serikat coba meredam dengan melakukan penyegaran.

Sempat ada insiden pada menit ke-64 di kotak penalti, tapi wasit menganulir penunjukan titik putih untuk Panama.

Walaupun membombardir wilayah The Yanks, nyatanya Panama kesulitan mencari gol keunggulan hingga 10 menit laga tersisa.

Gol yang ditunggu baru tiba pada menit ke-83 melalui sontekan Jose Fajardo yang memanfaatkan umpan silang Abdiel Ayarza.

Setelah gol itu, Amerika Serikat sebetulnya memberi respons cepat. Mereka bisa keluar dari tekanan dengan melancarkan serangan balik kilat.

Panama dibuat kerepotan menahan serangan balik itu. Bahkan, mereka juga harus bermain dengan 10 orang setelah Adalberto Carrasquilla diganjar kartu merah langsung usai melanggar dengan sengaja Christian Pulisic ketika dalam posisi menguntungkan serangan balik.

Hanya saja, hingga laga usai, tidak ada lagi gol tercipta. Panama berhasil mencuri tiga poin dari Amerika Serikat dengan kemenangan 2-1.

Tambahan tiga poin membuat Panama membuka asa ke fase gugur. Kini, mereka ada di peringkat ketiga, di bawah Uruguay dan Amerika Serikat.

Sebelum lawan Bolivia, Uruguay tercata mengemas tiga poin, sama dengan milik Amerika Serikat dan Panama. Artinya, laga terakhir akan menjadi penentu siapa yang akan melaju ke perempat final Copa America 2024.