Bagikan:

JAKARTA - Matchday pertama Grup C Copa America 2024 akan mempertemukan Uruguay dan Panama. Laga ini akan berlangsung di Stadion Hard Rock pada Senin, 24 Juni pagi WIB.

Pada laga ini, Uruguay masih menjadi negara yang diunggulkan mengingat kesuksesan mereka di turnamen ini. Uruguay tercatat memenangkan Copa America ini sebanyak 15 kali, tapi perolehan itu terhenti di tahun 2011 lalu.

Meski demikian, dalam edisi kali ini pasukan Marcelo Bielsa masih punya peluang untuk berusaha memenangkan gelar ke-16. Andai itu bisa diraih, berarti Uruguay bisa menjauhi Argentina yang telah menyamai perolehan 15 gelar mereka usai kemenangan pada edisi terakhir pada tahun 2021.

Sayangnya, menjelang laga ini Uruguay tidak membawa modal yang bagus. Itu karena Uruguay dikalahkan Pantai Gading 2-1 dan imbang tanpa gol melawan Kosta Rika, mereka akhirnya baru menang di laga ketiga mereka di tahun 2024 ini dengan kemenangan 4-0 atas Meksiko.

Namun, di grup yang hanya berisi Amerika Serikat, Bolivia, dan Panama, setidaknya Uruguay menjadi tim difavoritkan untuk bisa lolos dari grup ini dengan status sebagai juara grup.

Di pihak lawan, Panama juga berusaha meladeni Uruguay dengan percaya diri yang tinggi. Mereka bisa jadi gugup karena ini merupakan penampilan kedua di Copa America dalam sejarah mereka.

Melihat catatan pertemuan kedua tim, Uruguay dan Panama baru berjumpa tiga kali dalam sejarah. Dari catatan itu Uruguay memenangkan semua pertemuan tersebut dengan rekor 10 gol yang dicetak dan hanya kebobolan sekali.

Pada penampilan perdana di Copa America 2016 lalu, Panama mengamankan satu kemenangan melawan Bolivia sebelum menderita kekalahan di dua laga berikutnya, kebobolan 10 gol dan mencetak empat gol.

Copa America tahun ini akan menjadi sangat berkesan bagi Uruguay karena akan menjadi penampilan terakhir Luis Suarez di turnamen. Momen itu pasti bakal diusahakan Suarez untuk memenangkan turnamen keduanya setelah kemenangan pada 2011 lalu.