3 Transportasi ke Dieng dari Jakarta, Begini Jalur dan Waktu Tempuhnya

YOGYAKARTA - Dieng menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang yang ingin menikmati pemandangan dan suasana alam. Kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah ini kerap dipilih orang-orang Jakarta dan sekitarnya untuk menepi dan refreshing dari kesibukan sehari-hari. 

Bagi orang yang belum pernah pergi ke Dieng, mungkin masih bingung bagaimana cara berangkat ke sana. Ada beberapa transportasi dari Dieng menuju Jakarta yang bisa dipilih bagi Anda yang berencana liburan ke tempat ini. Perjalanan ke kawasan wisata Dieng sebenarnya nggak ribet asalkan sudah tahu jalur-jalur yang perlu dilalui. 

Kawasan Dieng sendiri berada di dua wilayah, yaitu di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Tempat ini selalu ramai wisatawan di momen weekend dan libur panjang. Dieng menawarkan berbagai objek wisata alam yang menyuguhkan pesona alam dan kesejukan khas pegunungan. 

Jika ingin datang ke kawasan Dieng, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi Anda yang berangkat dari luar kota seperti Jakarta, ada pilihan transportasi umum yang bisa digunakan untuk perjalanan ke Dieng. 

Transportasi ke Dieng dari Jakarta

Dieng menjadi opsi menarik bagi orang-orang kota yang ingin rehat sejenak dan healing setelah suntuk dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Selain menikmati keindahan lanskap pegunungan, di kawasan Dieng juga terdapat pilihan objek wisata lain seperti telaga, kebun teh, candi, dan lainnya. 

Akan terasa memuaskan jika Anda mengambil libur atau cuti dan menghabiskan waktu selama beberapa hari di Dieng. Di sana terdapat banyak penginapan dengan konsep glamping maupun homestay menarik yang bakal membuat Anda betah. Jika berniat untuk liburan ke sana, sebaiknya rencanakan perjalanan untuk menuju ke Dieng.

Berikut ini beberapa pilihan transportasi umum dari Jakarta menuju Dieng yang bisa Anda naiki untuk pergi liburan nanti:

Bus

Pilihan transportasi umum pertama untuk keberangkatan dari Jakarta ke Dieng adalah menumpang bus. Ketika berangkat dari Jakarta, ada banyak bus dengan rute menuju Wonosobo yang bisa Anda naiki. Wisatawan dapat menggunakan bus dan turun di Terminal Mendolo yang terletak di Kabupaten Wonosobo.

Setelah tiba di terminal, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota menuju pusat kota. Kemudian Anda bisa berpindah kendaraan menggunakan mikrobus untuk menuju Dieng. Tarif bus bervariasi tergantung pada PO bus yang digunakan.

Perjalanan dari Jakarta ke Wonosobo memakan waktu sekitar 10 hingga 23 jam. Sementara perjalanan dari Wonosobo ke Dieng memakan waktu sekitar 1 jam. Oleh karena itu, penting untuk mengatur waktu perjalanan dengan baik mengingat durasi perjalanan yang cukup lama.

Kereta Api

Transportasi umum lainnya yang bisa Anda pilih untuk perjalanan liburan ke Dieng adalah menaiki kereta api. Wisatawan dapat naik kereta api dari stasiun yang ada di Jakarta, seperti St. Pasar Senen dan St. Gambir, untuk turun di Stasiun Purwokerto.

Perjalanan dari Jakarta ke Purwokerto akan memakan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Setelah tiba di Purwokerto, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Dieng dengan travel atau bus yang tersedia di sekitar stasiun maupun terminal.

Travel

Selain menggunakan dua transportasi di atas, perjalanan dari Jakarta ke Dieng juga dapat dilakukan menggunakan layanan travel. Berbeda dengan bus, menggunakan travel lebih nyaman dan praktis karena wisatawan bisa naik dan turun di titik penjemputan. 

Jadi Anda bisa memesan travel untuk naik dari lokasi Anda berada langsung, tanpa perlu repot-repot pergi ke terminal. Perjalanan dengan travel dari Jakarta dapat memakan waktu hingga lebih dari 12 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan jumlah penumpang. 

Demikianlah beberapa transportasi menuju Dieng dari Jakarta yang bisa Anda pilih untuk agenda liburan. Pilihlah transportasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda, baik untuk solo traveling, bersama keluarga, atau teman-teman dekat Anda. Baca juga bulan yang cocok untuk mendaki Gunung Prau

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.