Siap-Siap! Fortuner dan Pajero Sport Akan Dijual Murah

JAKARTA - Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) seperti Fortuner dan Pajero Sport akan dijual murah setelah pemerintah sukses memberlakukan peraturan PPnBM nol persen yang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat di bawah 1500cc beberapa waktu lalu.

Rencananya kebijakan ini akan diperluas untuk mobil-mobil SUV. Hal ini menjadi kabar gembira bagi penggemar Fortuner dan Pajero Sport.

PPnBM nol persen diklaim mampu menggenjot penjualan mobil di Tanah Air. Rencananya, kebijakan tersebut akan diterapkan juga untuk mobil-mobil dengan kapasitas mesin 2500cc ke bawah.

Menurut Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengungkapkan perluasan kebijakan itu atas kehendak dan perintah dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi.

Diberlakukannya peraturan tersebut diklaim guna kendaraan roda empat dengan mesin 2500cc juga diharapkan bisa mendapat insentif pajak selama pandemi merebak ke seluruh dunia. Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu harus mempunyai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal sebesar 70 persen.

“Formulasi perluasan dan pendalaman akan didasari oleh kenaikan tingkat kapasitas silinder kendaraan dikombinasikan dengan local purchase, atau hanya didasari local purchase, dan kemungkinan perubahan time frame-nya,” kata Agus dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.”

Beberapa waktu lalu, Menkeu Sri Mulyani sudah menyambut positif adanya insentif yang berupa pemotongan tarif PPnBM untuk kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin 2500cc.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Sri Mulyani berharap agar penjualan mobil dengan kapasitas tersebut mampu menarik minat masyarakat kelas menengah ke atas. Pasalnya kelompok masyarakat tersebut yang mempunyai daya beli paling kuat di masa pandemi ini.

Hal ini diklaim memiliki dampak yang lebih besar dari PPnBM nol persen yang diterapkan pada mobil 1500cc. Jika kebijakan ini diterapkan untuk mobil 2500cc, maka mobil-mobil SUV seperti Pajero Sport dan Fortuner akan mendapat pemangkasn harga besar.

Selain kedua mobil itu, dikabarkan Kijang Innova juga akan mendapat porsi pemangkasan yang sama jika peraturan tersebut diberlakukan.