Percaya Diri Toyota Luncurkan Fortuner dan Kijang Innova di Tengah Pandemi COVID-19
Toyota Fortuner dan Kijang Innova (dok. Toyota Astra Mobil)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah masa pandemi COVID-19, Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan dua mobil sekaligus facelift Fortuner dan Kijang Innova secara daring hari ini. Toyota membawa sejumlah fitur untuk penyegaran kedua mobilnya tersebut.

"Kami melakukan pembaruan pada New Fortuner dan New Kijang Innova dengan tetap mempertahankan DNA kedua mobil ini, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini,” ungkap Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto saat peluncuran secara daring, Kamis 15 Oktober.

Untuk Fortuner sendiri, perubahan terlihat jelas pada sektor Grille dan garnish, di mana lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar. Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp. Sentuhan diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome, lebih berkelir hitam.

New Kijang Innova (dok. Toyota Astra Motor)

Bagian samping, perubahan terlihat pada aplikasi velg alloy 18 inchi baru yang menguatkan kesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo. Outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna serupa juga disematkan pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

Terdapat pula fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel di bagian kabin. Head unit with 9 Inch Screen Display memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fiitur NFC dan Smartphone Connection.

Dapur pacunya dilengkapi mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8kgm. Dibalut sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat. Mengadopsi juga electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Sedangkan penyegaran pada Innova, hadir dengan penambahan varian baru yaitu tipe Luxury (G Luxury dan V Luxury) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah yang sebelumnya hanya ada di tipe Q dan Venturer.

New Kijang Innova Luxury dan New Venturer dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil serta dapat bekerja secara otomatis, sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini berguna saat di masa pandemi COVID-19 yang selalu membutuhkan udara bersih.

Sisi eksteriornya, Innova menawarkan New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga pelek baru dua warna 16 inci dan Venturer ukurannya 17 inci.

Pada varian V Luxury, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish. Sementara pada varian G Luxury, terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp.

New Fortuner (dok. Toyota Astra Motor)

Khusus untuk Luxury, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Masuk bagian interior, sistem hiburam varian G Luxury kini dibekali dengan New 8” Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring. Sementara pada varian V Luxury menggunakan New Versatile 9” Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, menggunakan New Comprehensive 9” Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Menyoal sisi keamanan, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee,  Side, dan Curtain Shield Airbags.

Terakhir, Toyota membanderol Fortuner sekira Rp504,9 juta hingga Rp704,5 juta, sedangkan New Kijang Innova berada dikisaran Rp337,6 juta sampai Rp495,7 juta.