Kapan Anak Harus ke Posyandu? ini Daftar Kegiatan Berdasarkan Usia

YOGYAKARTA – Salah satu bekal parenting yang harus dimiliki oleh ayah maupun ibu adalah mengetahui kapan anak harus ke Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Layanan kesehatan tersebut akan memantau kesehatan bayi dan balita.

Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan bayi dan balita, tenaga kesehatan yang ada di pelayanan tersebut membantu memberikan eduasi kepada orang tua sekaligus memastikan tumbuh kembang anak bisa maksimal. Lalu kapan sebaiknya ibu mulai membawa anak ke Posyandu?

Kapan Anak Harus ke Posyandu

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu peran layanan terpadu adalah memantau kesehatan sekaligus tumbuh kembang anak. Artinya bayi disarankan dibawa ke layanan kesehatan tersebut sejak usia 0 tahun.

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, anak wajib dibawa ke Posyandu dari usia 0 tahun hingga usia 5 tahun. Di pusat pelayanan tersebut terdapat beberapa program yang akan diikuti oleh ibu dan anak seperti pemantauan tumbuh kembang anak, edukasi terkait tumbuh kembang anak, pemberian ASI, pemberian imunisasi, nutrisi, permainan anak, hingga pemberian makanan tambahanuntuk menunjang kesehatan balita.

Kegiatan Posyandu Anak Sesuai Usia

Perlu diketahui bahwa di layanan kesehatan tersebut, ibu dan anak akan didampingi oleh kader kesehatan dan/atau petugas kesehatan. Di Posyandu kader kesehatan akan melakukan sejumlah hal disesuaikan dengan usia anak yakni sebagai berikut.

  1. Imunisasi Dasar di Usia Bawah 18 Bulan

Petugas kesehatan akan memberikan imunisasi dasar yang wajib diberikan kepada anak usia di bawah 18 bulan. Imunisasi dasar yang diberikan yakni sebagai berikut, dikutip dari situs Kementerian Kesehatan RI.

  • BCG Polio 1, Mencegah Penularan Tuberculosis dan Polio untuk bayi usia 1 bulan
  • DPT-HB-Hib 1 Polio 2 untuk bayi usia 2 bulan
  • DPT-HB-Hib 2 Polio 3 utuk bayi usia 3 bulan
  • DPT-HB-Hib 3 Polio 4 untuk bayi usia 4 bulan
  • Campak untuk bayi usia 9 bulan
  1. Pemberian Obat Cacing di Usia 2 Tahun ke Atas

Ibu akan mendapatkan informasi terkait kapan anak bisa mendapatkan obat cacing. Obat tersebut berfungsi untuk mencegah infeksi cacing di perut anak. Cacing yang biasanya menginfeksi anak misalnya cacing gelang, tambang, dan kremi.

Cacing tersebut mengganggu penyerapan nutrisi sehingga harus diobati. Biasanya pemberian obat cacing oleh Posyandu sebanyak dua kali dalam satu tahun.

  1. Pemberian Vitamin di Usia 6 bulan – 4 tahun

Tenaga kesehatan di pelayanan terpadu akan memberikan suplemen kepada anak berupa vitamin A. Pemberian vitamin ini dilakukan setelah anak berusia 6 bulan. Vitamin yang diberikan kepada anak biasanya berbentuk tetes yang diberikan lewat mulut.

  1. Pemantauan Tumbu Kembang Anak hingga Usia 5 Tahun

Kader kesehatan akan melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan anak. Pemantauan meliputi beberapa hal seperti tinggi badan, bobot, dan lingkar kepala. Hasil pemeriksaan dan pemantauan kemudian dicocokkan dengan kurva pertumbuhan anak untuk melihat apakah perkembangan anak terjadi secara ideal atau tidak.

Mengetahui kapan anak harus ke posyandu penting untuk dilakukan sehingga orang tua harus benar-benar memperhatikannya. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.