Apple Tunda Peluncuran Fitur AI di Eropa, Aturan Teknologi Uni Eropa Biang Keladinya

JAKARTA - Apple Inc  akan menunda peluncuran tiga fitur kecerdasan buatan (AI) baru karena aturan teknologi Uni Eropa yang mengharuskan perusahaan memastikan produk dan layanan pesaing dapat berfungsi dengan perangkatnya. Hal ini dikatakan oleh perusahaan  teknologi AS tersebut pada  Jumat, 21 Juni.

Apple menekankan dorongannya pada AI awal bulan ini dengan serangkaian fitur baru dan peningkatan perangkat lunak untuk iPhone dan perangkat lainnya guna meningkatkan penjualan produk yang menurun.

Sebelumnya dikatakan bahwa Apple Intelligence, yang menggunakan AI untuk menghasilkan teks, gambar, dan konten lainnya sesuai perintah, akan tersedia di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan chip M1 dan versi berikutnya. IPhone Mirroring di MacOS Sequoia memungkinkan layar ponsel untuk dilihat dan diinteraksikan di komputer Mac.

Perusahaan tersebut mengatakan pada  Jumat bahwa tiga fitur - Phone Mirroring, SharePlay Screen Sharing enhancements, dan Apple Intelligence - tidak akan diluncurkan ke pengguna di Uni Eropa tahun ini karena ketidakpastian regulasi akibat Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa.

"Kami khususnya khawatir bahwa persyaratan interoperabilitas dari DMA dapat memaksa kami untuk mengkompromikan integritas produk kami dengan cara yang berisiko bagi privasi dan keamanan data pengguna," kata Apple.

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Komisi Eropa dalam upaya menemukan solusi yang memungkinkan kami untuk memberikan fitur-fitur ini kepada pelanggan kami di Uni Eropa tanpa mengorbankan keselamatan mereka," tambah Apple.