PP Muhammadiyah Lakukan Pemotongan Sapi Kurban dari Presiden Jokowi di RPH Cipulir

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan melaksanakan pemotongan hewan kurban dari Presiden RI Joko Widodo di Rumah Potong Hewan (RPH) Cipulir, Tangerang, Banten.

Kepala Kantor PP Muhammadiyah Jakarta, Malik, mengungkapkan bahwa pemotongan sapi kurban tersebut dilakukan pada hari Selasa 18 Juni, atau hari kedua Idul Adha. Alasan utama pemotongan dilakukan di RPH adalah untuk memastikan aspek kesehatan hewan kurban dan efektivitas dalam proses penyembelihan.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, menekankan pentingnya pemotongan kurban dilakukan dengan penuh kebaikan (ihsan) agar hewan yang dikurbankan tidak mengalami stres atau kesakitan. Dia juga mengungkapkan preferensinya terhadap pemotongan di RPH yang memenuhi standar kebersihan resmi.

Abdul juga tidak menghalangi masyarakat yang memilih untuk berkurban di luar RPH seperti masjid, lapangan, atau sekolah, selama proses pemotongan dilakukan dengan benar dan daging kurban dapat segera disalurkan kepada masyarakat.

"Secara pribadi saya lebih cenderung hewan kurban dipotong di rumah pemotongan hewan yang resmi sehingga lebih terjamin kebersihannya," kata dia.

Pada Lebaran Idul Adha tahun ini, Presiden Jokowi menyumbangkan satu ekor sapi jenis limosin dengan berat lebih dari 1 ton kepada PP Muhammadiyah. Selain itu, PP Muhammadiyah juga menerima sumbangan sapi kurban dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan beberapa pejabat tinggi negara lainnya.

Saat ini, sejumlah sapi kurban dengan bobot mulai dari ratusan kilogram hingga lebih dari 1 ton yang diterima PP Muhammadiyah telah berada di kantor pusat mereka di kawasan Menteng, Jakarta, dan akan segera diproses di RPH Cipulir.